Arti Rekondisi Mesin, Perlu Pahami Dalam Artikel Ini

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti rekondisi mesin.

 

Rekondisi mesin, pernah kah kalian mendengarnya? Ini adalah salah satu pembahasan yang cukup menarik.

 

Meski sebenarnya dalam dunia sepeda motor praktik ini jarang digunakan pada unit lengkap dan hanya sebatas pada part-part tertentu, tapi kita harus paham juga maksud dari rekondisi mesin ini.

 

Arti Rekondisi

Arti rekondisi adalah perbaikan. Adapun rekondisi menurut KBBI adalah suatu tindakan untuk mengembalikan sesuatu ke kondisi yang lebih baik atau mendekati baru dengan mengubah, memperbaiki, atau mengganti bagian tertentu.

 

Rekondisi ini kerap juga disebut memperbaharui atau memperbaiki barang yang rusak agar menjadi seperti baru atau minimal tidak rusak.

 

Rekondisi sendiri bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun disarankan melakukan rekondisi ke ahlinya agar standar kualitasnya terjamin.

 

Arti Rekondisi Mesin

Arti Rekondisi Mesin, Perlu Pahami Dalam Artikel Ini


Sebelumnya kita sudah membahas mengenai arti rekondisi yang arti singkatnya adalah memperbaiki. Adapun arti rekondisi mesin adalah memperbaiki mesin, yakni cara untuk membuat mesin yang rusak jadi tidak rusak lagi.

 

Biasanya rekondisi mesin ini familiar di mesin fotokopi, ini karena mesin fotokopi memang kerap rusak.

 

Pada motor sendiri, biasanya rekondisi ini jarang digunakan. Biasanya orang-orang bengkel lebih senang menggunakan istilah seperti tune up atau pun overhaul.

 

Tune up sendiri adalah tindakan dalam menyetel komponen-komponen pada kendaraan bermotor. Contoh tune up adalah menyetel kembali gerak bebas tuas kopling, menyetel celah busi, hingga menyetel kekencangan rantai.

 

Sedangkan overhaul adalah tindakan mengecek hingga memperbaiki komponen pada kendaraan yang sudah digunakan dalam jangka waktu lama. Overhaul sendiri hampir sama dengan tune up, hanya saja overhaul ini bersifat lebih besar.

 

Lebih besar di sini maksudnya adalah bukan hanya sekedar menyetel, tapi kadang harus turun mesin dan mengganti beberapa part yang sudah tidak layak untuk digunakan.

 

Meski memang ada overhaul minor di mana proses perbaikannya cenderung tidak sampai membongkar mesin.

 

Rekondisi Pada Motor

Biasanya rekondisi pada motor dilakukan karena motor tersebut sudah tidak layak digunakan karena banyak kerusakan.

 

Kerusakan di sini bukan hanya pada mesin, tapi juga pada rangka hingga bodi motor tersebut.

 

Dari apa yang kami ketahui, rekondisi pada motor biasanya dilakukan untuk tujuan modifikasi, hingga kebutuhan koleksi.

 

Misalnya adalah ada motor tua seperti CB100 yang sudah tidak layak digunakan karena rangka, mesin, hingga bodi sudah banyak yang rusak.

 

Nah karena untuk kebutuhan koleksi, maka dilakukan rekondisi dengan mengganti dan memperbaiki part yang sekiranya perlu untuk diganti atau diperbaiki.

 

Karena tujuannya adalah untuk koleksi, maka biasanya part yang diganti akan diganti dengan part yang original (bukan untuk modifikasi). Ini bertujuan untuk menjaga originalitas dari motor CB100 tersebut.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....