5 Kelemahan Kunci Impact Yang Harus Diperhatikan

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai kelemahan kunci impact yang perlu diperhatikan ketika kita membuka atau memasang baut dan mur.

 

Kunci impact atau impact wrench adalah salah satu jenis power tool yang akan membantu kita dalam membuka dan memasangkan baut atau mur.

 

Power tool ini memang relatif berharga lebih mahal dari kunci hand tools seperti kunci pas, kunci ring, atau pun kunci sock.

 

Tetapi kelebihan dari kunci impact adalah kunci berjenis power tool ini bisa mempermudah dalam memasangkan atau membuka baut dan mur.

 

Ini karena power tool seperti kunci impact menggunakan tenaga listrik untuk memutar baut atau mur dan bukan menggunakan tenaga manusia.

 

Meski lebih praktis dan efisien tenaga, tetapi kunci impact ini punya beberapa kelemahan yang di antaranya akan kami bahas dalam artikel ini.

 

Apa Saja Kelemahan Kunci Impact

5 Kelemahan Kunci Impact Yang Harus Diperhatikan
Sumber: Tokopedia


Berikut akan kami sajikan apa saja kelemahan kunci impact:

1. Bisa Membuat Baut dan Mur Rusak

Kelemahan pertama adalah bisa membuat baut dan mur menjadi rusak. Ini terjadi karena kunci impact punya tenaga yang cenderung sulit terkontrol.

 

Imbasnya adalah jika torsi pada kunci impact lebih besar dari torsi baut dan mur, maka bisa membuat baut dan mur tersebut rusak seketika baik itu slek atau pun patah pada batang baut.

 

Terlebih, jika kita menggunakan impact dengan tidak tepat, misal memasangkan baut dengan posisi sedikit miring, maka sudah jelas ini akan membuat baut atau mur jadi mudah rusak.

 

2. Butuh Daya Listrik

Kunci impact butuh daya listrik, entah itu kunci impact dengan jenis tenaga listrik DC atau AC, yang jelas kunci impact ini butuh asupan daya listrik.

 

Jika tidak ada, maka kunci impact ini cenderung tidak akan berfungsi. Ini sebabnya kunci impact cenderung digunakan di bengkel atau tempat yang tersedia suplai listrik.

 

Nah jika digunakan untuk perjalanan bagaimana? Bisa saja kita pakai kunci impact dengan tenaga listrik DC atau menggunakan baterai.

 

Tetapi masalah sekarang adalah jika sampai baterainya habis, ya sama saja kunci impact tidak bisa digunakan.

 

Oleh karenanya, kunci hand tool seperti kunci sock atau kunci T masih jadi andalan di beberapa bengkel atau pengendara sebagai kunci andalan untuk membuka baut dan mur.

 

3. Harga Relatif Mahal

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kunci yang satu ini cenderung mahal harganya. Ya ini sebenarnya wajar, sebab kunci yang satu ini menggunakan mesin pemutar.

 

Jadi selain kekuatan mata kunci, kunci impact juga berfokus dalam membuat mesin pemutar yang bisa diandalkan dan tentunya tidak mudah overheat.

 

4. Torsi Kadang Kurang

Tiap kunci impact punya kisaran torsi yang berbeda-beda, ini biasanya disesuaikan dengan jenis impact hingga spesifikasinya.

 

Ambil contoh, jika ternyata kita membeli impact yang ukurannya kecil dan torsi yang dihasilkan juga  kecil, maka efeknya adalah kunci impact tersebut cenderung tidak akan sanggup membuka baut dan mur yang punya torsi besar.

 

5. Tidak Bisa Menjangkau Posisi Tertentu

Baut dan mur pada kendaraan bermotor bervariatif. Entah itu ukuran, torsi, hingga posisinya. Kunci impact biasanya hanya digunakan untuk baut dan mur yang posisinya jelas dan mudah dijangkau.

 

Sedangkan untuk baut dan mur yang posisinya remang-remang misal terhalang sesuatu dan berada di celah sempit, maka kunci impact ini cenderung tidak dapat diandalkan.

 

Itu dia kelemahan dari kunci impact, terima kasih sudah mengunjungi situs satupiston.com. Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x