Ngecas Aki Kering Motor Berapa Jam ??? Tergantung Ini!!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai ngecas aki kering motor berapa jam?

 

Ini adalah salah satu materi yang cukup menarik, pasalnya mungkin di antara kalian banyak yang mempertanyakan hal ini.

 

Ngecas Aki Kering Motor Berapa Jam ??? Tergantung Ini!!!

Sebelumnya, kami juga sempat membeli charger portable untuk charge aki motor yang kami miliki. Kalian bisa baca artikelnya di sini:

 

Baca JugaReview Pemakaian Charger Aki Motor Otomatis Murah 12 Volt 6 Ampere

 

Adapun untuk menjawab mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk ngecas aki kering motor, maka jawabannya adalah tergantung kapasitas serta metode yang digunakan.

 

Dalam mengecas aki secara umum, biasanya bengkel aki akan mengusung 2 metode tergantung dari kebutuhan yakni metode ngecas cepat dan normal.

 

Ini bahkan suatu langkah metode yang ditertulis langsung di kemasan aki, jadi untuk lebih detail mengenai waktu charge suatu aki, maka kami sarankan untuk melihat kemasan aki motor kalian.

 

Pasalnya, di kemasan atau cangkang aki, biasanya ada keterangan mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengecas suatu aki hingga penuh.

 

Ngecas Aki Kering Motor Berapa Jam?

Ngecas aki kering motor membutuhkan waktu minimal setengah jam (30 menit) hingga 10 jam tergantung dari metode pengecasan dan kapasitas aki.

 

Kok bisa bervariatif waktunya? Sekali lagi, ini karena metode pengecasan dan kapasitas aki berbeda-beda, jadi waktu yang dibutuhkan pun berbeda-beda.

 

Sebagai contoh, kita ambil aki dari GS ASTRA GTZ4V atau Yuasa YTZ4V yang punya kapasitas 3 Ampere Hour.

 

Untuk mengecas aki di atas, setidaknya butuh waktu pengecasan sebagai berikut:

  • 30 menit jika pengecasan aki disetting ke 3 Ampere (mode cepat)
  • 5 jam hingga 10 jam jika pengecasan aki disetting ke angka 0.3 Ampere (mode normal)

 

Dan sekedar informasi, tiap aki akan berbeda-beda settingan pengecasannya, ini tergantung dengan kapasitas ampere aki itu sendiri.

 

Jadi aki yang amperenya 5 Ampere atau lebih, maka untuk mendapatkan waktu pengecasan seperti di atas, tentu perlu settingan ampere di charger aki yang berbeda (lebih besar).

 

Bagus Mengecas Dengan Mode Cepat atau Normal?

Pada dasarnya mode normal ini sangat direkomendasikan karena pengisiannya dilakukan secara lambat dan lebih akurat. Ini berbeda dengan mode cepat yang mana proses pengisiannya dibuat jadi lebih besar.

 

Mode normal menjanjikan performa yang lebih bagus saat pengisian, sedangkan mode cepat menawarkan pengecasan yang lebih cepat.

 

Jika kalian punya mesin pengecas aki di rumah (usahakan yang bagus dan jangan yang murah), kami sarankan mengecas aki dengan mode lambat atau normal.

 

Tetapi jika kita hanya mengecas aki untuk mengulur waktu dalam membeli aki baru (nunggu gajian misal), maka menggunakan mode cepat pun tidak masalah.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x