Berapa Cc Motor Scoopy ??? Ternyata Beda-Beda

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cc motor Scoopy yang ternyata berbeda-beda loh sob.

 

Scoopy adalah salah satu motor metik yang dipasarkan oleh pabrikan Astra Honda Motor di Indonesia. Motor ini setidaknya sudah masuk beberapa generasi sejak pertama kali muncul di tanah air di tahun 2010 silam.

 

Scoopy sendiri mengusung konsep motor metik retro dengan kubikasi mesin yang tergolong kecil yakni di kelas 110 cc.

 

Meski berada di kelas 110 cc, namun faktanya kubikasinya tidak benar-benar tepat di angka 110 cc. penggolongan kubikasi mesin di 110 cc sendiri adalah agar bisa lebih mudah diklasifikasikan.

 

Nah ngomong-ngomong, kira-kira berapa ya kubikasi mesin atau cc dari Scoopy? Mari kita bahas bersama di bawah ini.

 

cc Motor Scoopy

cc motor Scoopy 2021 ke atas yang sudah eSAF adalah sebesar 109.5 cc, sedangkan Scoopy tahun 2020 ke bawah yang belum eSAF mengusung cc mesin sebesar 108 cc.

 

Berapa Cc Motor Scoopy ??? Ternyata Beda-Beda
Scoopy MY 2022

Menariknya dari data yang kami terima, cc Scoopy di tahun 2010 hingga tahun 2020 akhir ini tidak mengalami perubahan yakni ada di angka 108 cc. Baru di November 2020 lah AHM atau Astra Honda Motor mengusung All New Scoopy yang kubikasi mesinnya naik dikit di angka 109.5 cc.

 

Detail cc Motor Scoopy

  • cc motor Scoopy 2021 adalah sebesar 109.5 cc, dengan komposisi diameter piston sebesar 47 mm dan langkah piston sebesar 63.1
  • cc motor Scoopy 2020 ke bawah adalah sebesar 108 cc dengan komposisi diameter piston sebesar 50 mm dan langkah piston sebesar 55 mm

 

Baik Scoopy terbaru atau lawas, keduanya sama-sama mengusung konsep mesin overstroke yakni suatu jenis mesin motor yang lebih besar ukuran langkah pistonnya ketimbang diameter pistonnya.

 

Terlebih jika kita lihat Scoopy 2021 atau Scoopy eSAF, di mana Scoopy jenis ini benar-benar mengusung komposisi diameter x langkah piston yang benar-benar lebih mempertegas bahwa mesin Scoopy terbaru adalah mesin overstroke.

 

Karekater mesin overstroke ini adalah dia lebih unggul di putaran bawah ke menengah, sedangkan putaran menengah ke atasnya kurang baik atau bernafas pendek.

 

Ini memang biasanya diadopsi oleh motor metik atau bebek dan motor secara umum digunakan untuk daily use di perkotaan.

 

Tren motor dengan mesin overstroke sendiri sekarang memang mulai menjamur, pasalnya mau tidak mau, jalanan yang lebih padat merayap serta sering mecet memang lebih condong akan lebih enteng untuk dilibas oleh motor-motor yang putaran bawahnya lebih oke.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x