Bensin Pertamax Mempunyai Bilangan Oktan Sekitar ???

Satupipston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai bilangan oktan Pertamax.

 

Pertamax adalah salah satu bensin yang dikeluarkan oleh Pertamina, produk yang satu ini sudah cukup lama mejeng di SPBU-SPBU Pertamina dan masih langgeng hingga sekarang.

 

Disaat Premium dan Pertalite akan dihapus serta Pertamax Plus yang kini jadi Pertamax Turbo, rupanya Pertamax masih belum ada tanda-tanda akan diubah warna dan bahkan “dijanjikan” akan tetap dijual hingga beberapa tahun mendatang (beberapa puluh tahun mendatang sepertinya).

 

Bicara soal oktan, bilangan oktan adalah angka yang menunjukan seberapa besar tekanan yang diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan di ruang bakar. Nilai oktan ini biasanya dikelompokan untuk jenis kendaraan tertentu.

 

Lalu, berapa bilangan oktan dari Pertamax?

 

Bilangan Oktan Pertamax

Bensin Pertamax mempunyai bilangan oktan sekitar 92 atau dalam kata lain Pertamax memiliki RON (Research Octane Number) sebesar 92.

 

Angka oktan dari Pertamax ini lebih besar dari Premium yang hanya punya oktan sebesar 88 dan juga lebih besar Pertalite yang hanya punya bilangan oktan sebesar 90.

 

Sedangkan Pertamax tercatat masih memiliki bilangan oktan yang lebih kecil dari Pertamax Turbo yang punya oktan sebesar 98.

 

Selain itu, Pertamax Plus yang kini sudah dihapus dan digantikan oleh Pertamax Turbo dulunya punya RON sebesar 95 yang artinya lebih tinggi dari Pertamax biasa.

 

Kendaraan Yang Cocok Menggunakan Pertamax

Bensin Pertamax Mempunyai Bilangan Oktan Sekitar ???

Kendaraan bermotor yang cocok menggunakan Pertamax adalah kendaraan bermotor yang menengguk bensin dan memiliki rasio kompresi berkisar antara 9 : 1 hingga 10 : 1.

 

Sebetulnya masih ada aspek lain yang biasa dijadikan patokan dalam menentukan bahan bakar yang cocok untuk kendaraan bermotor kesayangan kita.

 

Namun, menjadikan acuan rasio kompresi dari mesin kendaraan bermotor masih jadi salah satu patokan yang umum digunakan untuk menentukan bahan bakar yang cocok bagi kendaraan bermotor.

 

Alasan Premium Akan Dihapus

Sebenarnya, di kebanyakan negara, bensin dengan oktan 88 sudah tidak digunakan lagi. Dan di Indonesia, Premium yang beroktan 88 akan segera menyusul.


Alasan Premium dihapus di Indonesia adalah karena beberapa alasan berikut:

  • Menghemat anggaran negara
  • Menurunkan emisi gas buang, karena nilai oktan yang rendah juga membuat emisi gas buang jadi lebih buruk
  • Menurunkan efek rumah kaca karena polusi dari emisi gas buang
  • Membuat udara jauh lebih bersih

 

Rencananya, selain dari Premium, Pertalite juga nantinya akan menyusul Premium yakni akan dihapus. Kelak, di Pertamina hanya akan ada Pertamax atau bensin lain yang oktannya lebih dari angka 92.


Ini sekali bertujuan untuk menekan emisi gas buang dan membuat udara di Indonesia bisa jadi lebih bersih.


Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x