5 Penyebab Starter Motor Nyala Tapi Mesin Tidak Hidup

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dari starter motor nyala tapi mesin tidak hidup.

 

Pernahkah kalian mengalami masalah pada motor kalian? Jika iya, tentu sangat merepotkan dan membuat hari seketika menjadi menjengkelkan.

 

Di beberapa kondisi, motor mengalami kerusakan di saat yang tidak tepat, misal saat bepergian jauh di malam hari atau sedang buru-buru ke suatu tempat (sekolah, kantor, dan lain sebagainya).

 

Untuk mengatasi hal ini, biasanya kami dan banyak bengkel resmi akan menyarankan untuk service rutin agar terhindari dari kerusakan yang tidak terduga.

 

Dan salah satu kerusakan yang biasanya tidak terduga adalah starter motor yang nyala tapi mesin tidak hidup.

 

Hm, kira-kira apa ya penyebabnya? Langsung saja, berikut kami uraikan beberapa penyebab starter motor nyala tapi mesin tidak hidup:

 

*BTW, ada banyak kemungkinan kerusakan pada motor, jadi ini mungkin tidak mewakili semua kerusakan yang mungkin dialami oleh kalian.

 

1. Busi Kotor atau Sudah Mati

Busi adalah salah satu komponen di kendaraan bermotor yang ada masa pakainya yakni sekitar 8.000 Km – 10.000 Km.

 

Jika sudah melewati masa pakai di atas atau kita mengganti busi dengan spesifikasi yang tidak sesuai, maka efeknya adalah api di busi jadi tidak baik dan membuat motor hanya bisa distarter tapi mesin tidak kunjung hidup.

 

Busi ini juga yang menjadi salah satu penyebab terbanyak dari masalah starter hidup tapi mesin tidak menyala.

 

Jika kerusakannya adalah pada busi, maka kita tinggal lepas busi dan menggantinya dengan spesifikasi yang sesuai.

 

2. Bensin Habis

Penyebab lain dari starter motor yang menyala tapi mesin enggan hidup adalah bensin yang sudah habis. Ini juga menjadi salah satu penyebab paling sering di mana motor mati setelah bensinya habis.

 

Gejala dari bensin habis ini kurang lebih hampir sama dengan busi yang mati, yakni starter motor menyala tapi mesin enggan berputar atau hidup.

 

3. Bensin Tercampur Air atau Tidak Sesuai

Bensin tercampur air, terisi pasir, atau jangan-jangan kita malah isi solar? Ini benar-benar bisa menimpa kalian jika kita mengisi bensin motor di tempat yang tidak terpercaya.

 

Pastikan kita mengisi bensin di tempat yang terpercaya agar terhindar dari masalah di sektor mesin.

 

4. Karburator atau Injektor Kotor

Yang menjadi salah satu penyebab dari starter hidup tapi mesin tidak hidup adalah karburator atau pun injektor yang kotor.

 

Ini juga pernah kami alami, biasanya penyebab dari injektor atau karburator kotor adalah karena bensin tidak berkualitas (kotor, terisi air, dsb) atau kita open filter udara.

 

Bila boleh jujur, perbaikan dari masalah ini cukup rumit. Jadi sebisa mungkin kita harus mengisi bensin dengan benar dan juga jangan membuka filter udara serta ganti atau bersihkan filter udara secara berkala.

 

5. Kerusakan Di Dalam Mesin

Ini sangat mengerikan dan jadi yang terparah di antara kerusakan di atas. Meski jarang terjadi, tapi bisa jadi pengalaman kami yang satu ini juga menimpa kalian.

 

5 Penyebab Starter Motor Nyala Tapi Mesin Tidak Hidup

Salah satu kerusakan di dalam mesin yang menyebabkan starter hidup tapi mesin enggan menyala adalah klep bengkok, rantai keteng keluar dari jalur, piston macet, dan lain sebagainya.

 

Beberapa kerusakan di dalam mesin sendiri bisa diakibatkan oleh beberapa faktor seperti menggunakan oli mesin yang tidak sesuai, air radiator habis, rantai keteng terlalu longgar, hingga sering menyalakan motor di genangan air yang tinggi.

 

Oke, artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x