Arti Sweeper Dalam Touring, Wah Tugasnya Penting !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai arti sweeper dalam touring.

 

Wah, dalam touring banyak sekali istilah-istilah yang digunakan. Terutama jika touring dilakukan secara rombongan dan tidak dilakukan secara perorangan.

 

Salah satu istilah atau dalam kata lebih tepatnya adalah “jabatan anggota” dalam touring adalah sweeper. Duh, kami malah jadi teringat dengan role pemain sepak bola. Di mana biasanya dalam formasi sepak bola tempo dulu, kerap ada posisi sweeper yang fungsinya adalah untuk mem-back up Back jikalau back sudah tertembus.

 

Nah kira-kira nih, sweeper dalam touring itu apa ya? Mari kita bahas bersama dalam artikel ini.

 

Arti Sweeper Dalam Touring, Wah Tugasnya Penting !!!


Arti Sweeper Dalam Touring

Bila kita terjemahkan, sweeper artinya adalah penyapu, tentu saja konteks-nya tersirat. Adapun arti sweeper dalam touring adalah orang yang bertugas untuk mengamankan rombongan tour agar berkendara sesuai dengan yang sebelumnya diinstruksikan.

 

Misalnya saja, sweeper ini akan mengatur agar anggota tour tidak tercecer atau tertinggal jauh (oleh karenanya, ini jadi salah satu alasan kenapa pengemban tugas ini disebut sweeper atau penyapu).

 

Jenis Sweeper Touring

Sweeper dalam touring dibagi dalam 2 jenis yakni sweeper tengah atau middle sweeper serta sweeper akhir atau end sweeper.

 

Meski jenisnya hanya bagian tengah dan belakang atau akhir, namun biasanya bagian tengah dari sweeper akan berkendara di bagian paling kanan dan tidak masuk ke rombongan. Hal ini berbeda dengan end sweeper yang memang akan berada di rombongan namun ada di posisi terakhir (untuk memantau jikalau ada anggota tour yang mengalami masalah).

 

Sweeper bagian tengah dapat melaju ke depan hingga batas posisi VO (Vorijder, tugasnya adalah memimpin touring dan memberikan arahan saat touring) untuk memberitahukan jika ada kendala di bagian tengah.

 

Sedangkan sweeper bagian belakang dapat melaju hingga bagian tengah atau langsung ke VO untuk memberitahukan jika ada kendala di bagian belakang.

 

Tugas Berat Sweeper Touring

Sebenarnya jika sudah berpengalaman, tugas sweeper ini akan terasa ringan. Tapi secara umum, sweeper punya tugas berat dalam touring karena harus mengurus anggota tour agar dapat berkendara sesuai dengan rencana awal (tidak ada yang mogok, tercecer, dan lainnya).

 

Di beberapa kondisi, bagian sweeper ini akan ada beberapa orang, namun tak jarang juga hanya terdiri dari satu orang (disesuaikan dengan banyaknya anggota tour).

 

Yang jelas, tugas sweeper ini sangat penting dalam tour, yakni untuk menjaga dan mengamankan anggota agar melaju dengan semestinya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...