3 Fungsi Rahang Pada Ring Piston Expander Adalah ?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai fungsi rahang pada ring piston expander.

 

Ring piston expander atau secara baku (diambil dari bahasa Inggris) bernama piston ring expander adalah salah satu special service tool yang perannya sangat vital ketika kita membongkar pasang area ruang bakar terlebih membongkar pasang piston atau torak atau seher.

 

Piston ring expander juga kerap disebut sebagai piston ring plier, di mana jika kalian tengah magang di suatu perusahaan otomotif, maka alat yang satu ini adalah alat yang wajib kalian pakai untuk membongkar dan memasang ring piston (jangan pakai obeng lagi ya!!!).

 

Piston ring expander punya beberapa model dan model yang akan kita bahas dalam artikel ini kurang lebih adalah piston ring expander yang punya bentuk rahang seperti gambar berikut:

 

3 Fungsi Rahang Pada Ring Piston Expander Adalah ?

BTW, mari kita secara spesifik membahas mengenai fungsi rahang pada ring piston expander:

1. Merenggangkan Ring Piston

Bagian pangkal dalam dari rahang ring piston expander punya semacam pengungkit, pengungkit ini nantinya akan mengungkit ring piston via bagian celahnya.

 

3 Fungsi Rahang Pada Ring Piston Expander Adalah ?

2. Menahan Ring Piston Agar Tidak Terlalu Merenggang

Fungsi utama dari ring piston expander adalah untuk merenggangkan ring piston. Tapi renggangan yang dihasilkan harus ada batasannya, sebab jika tidak, maka ring piston dapat patah karena direnggangkan terlalu lebar.

 

Jadi bagian dalam dari rahang ring piston expander akan mengungkit celah ring piston. Sedangkan sebagian besar rahang piston ring expander akan menahan agar renggangan yang dihasilkan tidak terlalu lebar.

 

3. Menahan Ring Piston Agar Terlepas atau Terpasang di Piston

Ada semacam penahan di rahang piston ring expander, di mana penahan ini fungsinya adalah agar ring piston tidak banyak bergerak ketika ada di rahang piston ring expander.

 

Jika posisinya tidak mudah bergerak, maka itu akan mempermudah saat kita hendak melepas atau memasang ring piston pada piston.

 

FYI, ring piston expander punya beberapa model yang salah satunya adalah tidak memiliki rahang seperti gambar di bawah ini.

 

3 Fungsi Rahang Pada Ring Piston Expander Adalah ?

Ring piston expander seperti gambar di atas punya harga yang relatif lebih murah namun kurang direkomendasikan, sebab dapat membuat ring piston mudah patah jika kita membuka celah piston terlalu lebar (tidak ada pengamannya).

 

Oh iya, jika kalian hendak membeli ring piston expander, maka usahakan ketahui dulu ukuran piston dan ukuran ring piston expander yang hendak digunakan.

 

Sebab jika ukuran ring piston expander terlalu kecil, maka pembelian SST ini akan menjadi sia-sia karena tidak dapat digunakan (ini jadi salah satu alasan kenapa ring piston expander tanpa rahang masih banyak digunakan, ya! Jika tanpa rahang, maka cenderung dapat digunakan diberbagai ukuran ring piston).

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sin, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...