-->

Konsumsi oli samping RX King, Berapa?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai konsumsi oli samping untuk RX King atau dalam kata lain kita akan membahas mengenai perbandingan konsumsi oli samping dan bensin dari RX King.

 

RX King merupakan salah satu motor zaman dulu yang mengusung mesin berjenis 2 tak. Karena mengusung mesin 2 tak, maka tidak heran jika ada perlakuan tambahan untuk motor dari Yamaha yang satu ini.

 

Perlakuan tambahan tersebut adalah memberikan oli samping pada bensin dengan takaran tertentu agar konsumsi bahan bakar serta oli samping jadi pas dan berdampak bagus pada performa mesin motor.

 

Menariknya, motor yang satu ini hingga saat ini masih diburu unit bekasnya. Ya, jadi tidak heran jika banyak yang bertanya mengenai konsumsi oli samping RX King.

 

FYI, buat kalian yang baru pertama kali menggunakan motor berjenis 2 tak, mungkin akan sedikit repot ketika harus mengisi oli samping tiap beberapa periode sekali (di luar dari oli mesin).

 

Tapi meski merepotkan, kita wajib mengisi oli samping agar mesin motor 2 tak kita tidak mudah rusak atau rewel.

 

Takaran Konsumsi Oli Samping RX King

Konsumsi oli samping RX King, Berapa?


Akan banyak referensi dan kami tidak menjamin apa yang akan kita bahas di sini 100% akurat. Pasalnya, takaran oli samping di RX King ini akan berbeda-beda tergantung dari kondisi mesin. Misal apakah mesin standar? Sudah dioprek? Atau apakah mesin standar namun terjadi kerusakan?

 

Namun sebagai acuan, kita bisa berpatokan pada perbandingan konsumsi oli samping sebanyak 20-40 ml untuk 1 liter bensin untuk motor RX King.  Ingat, tidak semua mesin akan punya efek yang sama, terkadang mesin jadi muncul gejala terlalu kering atau gejala terlalu basah.

 

Oleh karenanya, kita juga harus gunakan feeling agar takaran oli samping untuk RX King bisa pas dengan kebutuhan mesin  motor kita.

 

Ciri Mesin 2 Tak Kurang Oli Samping

Salah satu ciri dari mesin 2 tak yang kurang oli samping adalah sebagai berikut:

  • Mesin cepat panas
  • Asap jadi lebih sedikit
  • Dapat membuat mesin jadi mudah rusak

 

Ciri Mesin 2 Tak Kelebihan Oli Samping

Beberapa ciri dari mesin 2 tak yang kelebihan oli samping adalah sebagai berikut:

  • Busi mudah kotor
  • Motor brebet
  • Asap dari knalpot lebih banyak
  • Membuat kerak di ruang bakar jadi lebih banyak

 

Jika terjadi beberapa gejala dari kelebihan oli samping atau kekurangan oli samping, maka kita harus segera ubah takaran dari oli samping RX King kita.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x