-->

Arti Ban Ghoib MotoGP, Marc Marquez Sering Dituduh???

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti ban ghoib di MotoGP.

 

MotoGP dengan segala keseruannya masih menjadi cabang olahraga yang banyak disukai oleh penduduk di Indonesia. Meski memang populeritasnya masih di bawah cabang olahraga sepak bola.

 

Pada balapan MotoGP, tak melulu soal siapa yang tercepat dan siapa pemenangnya. Tak jarang ada hal-hal minor yang kerap diperbincangkan oleh para penggemar.

 

Salah satunya adalah mengenai ban ghoib. Apa itu ban ghoib? Tak dapat dipungkiri bahwa ban menjadi salah satu hal yang krusial di era ECU mulai diseragamkan.

 

Arti Ban Ghoib MotoGP, Marc Marquez Sering Dituduh???
Michelin Power Cup Evo

Pemilihan ban yang tepat dan kepintaran pembalap dalam menjaga keausan ban dapat menjadi sangat krusial dalam balapan.

 

Arti Ban Ghoib MotoGP

Dalam MotoGP, istilah ban ghoib merujuk pada ban dengan spesifikasi khusus di luar dari suplai ban resmi yang disediakan oleh vendor penyuplai ban.

 

Kadang ban ghoib ini juga disebut sebagai ban titipan, di mana spesifikasinya berbeda dengan spesifikasi ban lain yang digunakan oleh kebanyakan pembalap.

 

Alasan kenapa isu ban ghoib ini muncul adalah karena ada banyak pembalap yang mengalami masalah keausan pada ban, namun salah satu pembalap nampak tidak mendapatkan masalah tersebut.

 

Dan sejauh ini, isu ban ghoib ini belum terbukti secara valid. Jadi ban ghoib ini masih sebatas kabar burung dan terka-menerka saja.

 

Pembalap Yang Kerap Dituduh Menggunakan Ban Ghoib

Ada beberapa pembalap yang kerap dituduh menggunakan ban ghoib. Dan salah satu yang kerap terdengar adalah Marc Marquez.

 

Di mana pembalap asal Spanyol tersebut saking seringnya dituduh, sampai-sampai isu ban ghoib melekat pada dirinya (ban ghoib Marc Marquez).

 

Namun yang terbaru, Quartararo juga dituduh menggunakan ban ghoib pada ajang GP Inggris 2021 silam.

 

Sebenarnya, Mir, Rossi, hingga pembalap lain memang tak jarang juga terkena tuduhan penggunaan ban “khusus” tersebut.

 

Namun sekali lagi, sejauh ini belum ada data valid yang menunjukan bahwa ban ghoib itu benar-benar ada. Maksud kami, apakah benar kecurangan secara sistematis terjadi di MotoGP dan melibatkan brand merek penyuplai ban?

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x