-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

5 Kelebihan Jupiter MX Non Kopling, Pantes Banyak Dicari

SATUPISTON.COM – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan akan membahas mengenai kelebihan dari Jupiter MX non kopling.

 

Sebenarnya pasar motor bebek di Indonesia tengah redup, hal tersebut karena kini masyarakat di Indonesia lebih tertarik untuk menggunakan motor metik yang dinilai lebih efisien baik dari segi bahan bakar maupun dari segi “kepegalan”.

 

So, maka tidak heran jika kini di Indoneisa, motor bebek sudah jarang sekali ada update-update yang mayor.

 

Baca JugaSpesifikasi Jupiter MX 2006 Non Kopling, Benarkah Downgrade?


Bicara soal salah satu motor bebek, yang terkenal di era 2005 ke atas salah satunya adalah Jupiter MX dari Yamaha.

 

Ya, selain dari desainnya yang oke, Jupiter MX juga terkenal karena pernah diiklankan oleh Valentino Rossi di masa jaya-jayanya.

 

Menariknya, Jupiter MX ini memiliki dua varian yakni versi kopling serta versi non kopling. Hal itu setidaknya masih dapat kita temui hingga Jupiter MX 135 sebelum era Jupiter MX 150.

 

5 Kelebihan Jupiter MX Non Kopling, Pantes Banyak Dicari

Tentu saja, keduanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lalu, apa sih kelebihan dari Jupiter MX non kopling?

1. Lebih Nyaman Untuk Digunakan

Salah satu alasan kenapa ada Jupiter MX non kopling adalah karena tidak semua orang bisa menggunakan motor berkopling. Hal itu pula yang membuat motor kopling akan lebih tidak nyaman bila dibandingkan dengan motor non kopling.

 

Sebenarnya untuk jalanan yang lenggang, motor kopling atau non kopling relatif sama saja soal kenyamanannya. Namun lain cerita jika tengah bermacet-macetan, tentu saat macet, maka tangan kiri akan diberi kerja ekstra karena harus memainkan tuas kopling dan bagi yang tidak terbiasa, itu cukup tidak nyaman.

 

2. Kampas Kopling Lebih Awet

Dari pengamatan kami, motor dengan sistem kopling manual dan motor dengan sistem kopling semi otomatis (non kopling) punya tingkat keawetan yang berbeda,

 

Di mana, motor dengan status non kopling biasanya relatif akan lebih awet bagian koplingnya bila dibandingkan dengan motor bersistem kopling manual.

 

Mengapa demikian? sebab di motor non kopling, perpindahan gigi sudah “dikoplingkan” secara otomatis. Hal itu punya keunggulan yakni mau tidak mau pasti transmisi dipindahkan dengan “aturan” yang sesuai.

 

Berbeda dengan motor berkopling manual di mana permainan kopling di tuas kopling dimainkan secara manual oleh pengendara. Meski punya keunggulan yakni bisa memaksimalkan torsi motor, namun tak jarang di motor berkopling manual, permainan kopling dimainkan dengan tidak beraturan dan membuat bagian kopling jadi mudah aus.

 

3. Harga Relatif Lebih Murah

Kabarnya, Jupiter MX non Kopling ini punya harga yang relatif lebih murah dari MX berkopling. Hal ini kami rasa wajar, sebab MX berkopling kami rasa punya part yang lebih banyak di bagian kopling serta dari segi ekonomi, MX berkopling dirasa lebih “premium”.

 

4. Kopling Jarang Selip

Salah satu kelebihan dari motor non kopling adalah minim adanya selip. Hal ini cukup kontras bila kita bandingkan dengan motor berkopling manual, di mana biasanya motor berkopling manual akan sering mengalami selip, terlebih jika perawatan dan penggunaan kopling tidak sesuai anjuran.

 

5. Lebih Mudah Dalam Perawatan

Dari pendapat kami, motor yang tidak berkopling lebih mudah untuk dirawat ketimbang motor dengan kopling manual. Ini kita fokuskan pada sistem koplingnya.

 

Selain dari kemudahan perawatan, motor MX non kopling juga akan lebih efisien dalam hal pergantian komponen di  kopling. Ya, itu juga jika kita benar-benar memakai motor dengan baik.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x