-->

STNK Bantuan Artinya Apa? Awas Terciduk


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dari STNK Bantuan.

 

STNK adalah singkatan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor. Surat yang satu ini wajib dimiliki oleh pemilik kendaraan bermotor di Indonesia.

 

Sebagai pelengkap, STNK ini akan ditandemkan dengan BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor.

 

STNK wajib dibawa ketika kita membawa kendaraan bermotor. Sedangkan BPKB tidak usah dibawa kemana-mana dan cukup dibawa ketika hendak menjaminkan kendaraan di bank atau ketika kita akan bayar pajak lima tahunan.

 

BPKB menjadi bukti sah dan meyakinkan bahwa kita (nama yang tertera di BPKB) merupakan pemilik kendaraan bermotor.

 

Sedangkan STNK menjadi identitas kendaraan layaknya KTP bagi manusia (BPKB jadi aktenya). Selain itu, STNK juga jadi penanda bahwa kita orang yang patuh terhadap pajak (jika bayar pajak kendaraan, maka STNK tiap tahunnya akan disahkan dengan menggunakan cap).

 

Di Indonesia sendiri, sering timbul praktik gelap atau ilegal dimana membeli kendaraan tanpa adanya dokumen resmi seperti BPKB dan STNK.

 

Kenapa demikian? hal ini pada umumnya dilakukan agar terhindar dari pajak yang berlipat ganda.

 

Lalu timbul istilah “STNK Bantuan”, apa kah itu artinya?

 

Pengertian STNK Bantuan

STNK Bantuan Artinya Apa? Awas Terciduk

STNK bantuan atau yang kerap disebut sebagai STNK Sementara hingga STNK Bulanan merupakan STNK tiruan yang dibuat tanpa perlu menunjukan BPKB. STNK ini merupakan STNK seperti asli namun diterbitkan tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku.

 

Secara sederhana, untuk membuat dokumen kendaraan, maka pihak pengaju akan memberikan beberapa persyaratan berkas seperti surat-surat pembelian kendaraan dan lain sebagainya.

 

Setelah valid yakni surat pembelian menunjukan kendaraan yang sesuai, maka akan diterbitkan BPKB dan kemudian STNK lalu TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) atau pelat nomor.

 

Nah jika kita membuat STNK bantuan, maka prosesnya tidak harus menunjukan surat pembelian dan BPKB, melainkan langsung “memesan” STNK dengan pelat nomornya.

 

Tindakan ini jelas ilegal karena “memangkas” pajak yang harusnya dibayarkan oleh pihak terkait.

 

Kenapa STNK Bantuan Ini Diminati?

Biasanya STNK bantuan ini dipesan oleh pemilik kendaraan mewah atau import yang tidak disertai dengan dokumen-dokumen pendukung.

 

Dalam kata lain, mereka membeli kendaraan secara bodong. Apa tujuannya? Jelasnya adalah agar dapat harga yang lebih murah karena bisa terhindar dari pajak “ini dan itu” yang besarannya bisa setara dengan harga kendaraannya.

 

Praktik pembuatan STNK bantuan ini sendiri biasanya dilakukan oleh oknum-oknum yang punya “link”. Jadi terkadang STNK bantuan ini bisa terdata di database pihak kepolisian.

 

Alasan lain kenapa banyak yang memilih untuk membuat STNK bantuan adalah karena beranggapan bahwa kendaraan mewah yang mereka miliki tidak sering digunakan di jalan, jadi ya cukup buat STNK “sementara” saja agar nantinya terhindar dari pajak tahunan.

 

Namun sekali lagi, tindakan ini merupakan tindakan ilegal karena tidak sesuai dengan peraturan pajak yang berlaku di Indonesia. Jadi meski terlihat aman, bukan berarti tidak ada resikonya.

 

Penggelapan pajak dan pemalsuan dokumen ada undang-undangnya, jika kita sedang tidak beruntung, bisa saja kita masuk bui bukan?

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x