-->
★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Pit Lane Artinya di MotoGP, Jangan Sampai Tertukar !!!

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti dari pit lane di MotoGP.

 

Belakangan ada istilah yang sering disebutkan di dunia MotoGP. Istilah tersebut adalah pit lane.

 

Yips, kata atau istilah dari bahasa Inggris tersebut memang kadang sukar untuk dipahami oleh kita.

 

Pasalnya, kita terbiasa menggunakan bahasa Indonesia, sedangkan apa yang akan kita bahas berasal dari bahasa Inggris.

 

Ah, langsung saja kita bahas mengenai arti pit lane di MotoGP.

 

Arti Pit Lane di MotoGP

Pit Lane Artinya di MotoGP, Jangan Sampai Tertukar !!!
Marc dan Fabio saat hendak memasuki pit lane di GP Prancis 2021


Bila kita terjemahkan dari Google Translate, Pit Lane artinya adalah jalur pit. Pada MotoGP, pit lane adalah jalur yang berbatasan langsung dengan track lurus tempat starting grid dan juga merupakan jalur menuju pit box atau garasi.

 

Saat memasuki pit lane, motor yang ditunggangi oleh pembalap harus digeber pada kecepatan yang rendah yang telah disesuaikan oleh regulasi MotoGP (biasanya di bawah 90 Km/ Jam bahkan berada di bawahnya).

 

Jika tidak memacu motor dengan kecepatan rendah saat melewati pit lane, maka pembalap dapat dikenai sanksi penalti.

 

Alasan kenapa motor harus pelan saat memasuki pit lane adalah karena di jalur ini akan banyak kru lalu lalang dan ada yang keluar masuk pit box sehingga akan lebih aman jika motor dipacu dengan kecepatan rendah.

 

Pit Lane dan Hukuman Penalti di MotoGP

Pit lane sudah sejak lama menjadi salah satu tempat “penebus dosa” bagi pembalap yang melakukan pelanggaran semisal mencuri start atau berkendara dengan tidak bijak sehingga membahayakan pembalap lain.

 

Dulu, saat ada yang mencuri start, maka si pembalap harus melewati pit lane dan memacu motornya dengan pelan sebanyak 1 kali.

 

Kini, jika ketahuan mencuri start atau membahayakan pengendara lain, maka sanksinya adlaah long lap penalty atau diganti dengan pengurangan waktu, pengurangan posisi atau pun paling parah adalah pengurangan poin.

 

Namun bukan berarti pit lane sudah tidak dijadikan sebagai tempat menghukum pembalap.

 

Pasalnya, pit lane masih digunakan sebagai tempat menghukum pembalap seperti ketika di suatu race pembalap membahayakan pembalap lain sehingga dijatuhi hukuman harus memulai balapan berikutnya dari pit lane.

 

Beberapa kesalahan yang dapat menyebabkan pembalap memulai balapan dari pit lane diantaranya adalah karena menghabiskan total mesin yang sudah disediakan (minta tambah jatah mesin), membahayakan pembalap di race sebelumnya atau saat latihan bebas atau saat kualifikasi, serta bisa juga karena melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan regulasi saat hendak melakukan start di race.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


x