-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Letak Aki GSX R150 Di Mana? Ini Jawabannya


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai letak aki dari GSX R150.

 

Aki merupakan komponen kelistrikan yang penting bagi pengguna kendaraan bermotor. Komponen yang satu ini fungsinya adalah untuk menampung daya listrik serta untuk menyalurkan daya listrik pada komponen yang membutuhkan seperti lampu, klakson dan lain sebagainya.

 

Pada motor-motor terkini, biasanya aki benar-benar sangat dibutuhkan. Sebab banyak komponen kelistrikan hingga tidak adanya fitur kick starter yang membuat sistem starter hanya bergantung pada elektrik starter.

 

Sama seperti motor Suzuki GSX R150, dimana motor yang satu ini memiliki banyak komponen kelistrikan seperti keyless dan lain hal. Selain itu, GSX R150 juga hanya menggunakan elektrik starter, sehingga ketika aki tekor atau bahkan drop, maka GSX R150 akan susah untuk dihidupkan.

 

Jika aki sudah drop, maka opsinya adalah harus ganti baru. Sedangkan jika aki hanya tekor namun masih oke, maka bisa melakukan isi daya ulang (untuk beberapa jenis aki mungkin tidak dapat dilakukan charger, aki gel misalnya).

 

Namun apa pun itu, jika aki sudah bermasalah, maka kita harus melakukan pengecekan dan perbaikan jika diperlukan.

 

Lalu, dimana letak aki dari GSX R150.

 

Letak Aki GSX R150

Letak aki atau posisi aki dari GSX R150 ada di bagian bawah jok depan. Untuk menemukannya, kita cukup buka jok dengan menggunakan kunci L 5 mm dan buka bagian karet yang menutupi aki.

 

Letak Aki GSX R150 Di Mana? Ini Jawabannya

Sebenarnya letak aki dari GSX R150 ini cukup mudah untuk ditemukan jika kita punya manual book atau buku penggunaan, namun untuk yang beli bekas seperti kami, tentu mencari suatu komponen harus melakukan “ulik-ulikan” tersendiri.

 

Cara Mencopot Aki GSX R150

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk mencopot aki dari GSX R150, pertama-tama kita harus membuka bagian jok depan dari GSX R150.

 

Untuk membukanya cukup mudah, yakni siapkan kunci L 5 mm dan buka bagian baut yang ada di tiap ujung belakang dari jok depan.

Letak Aki GSX R150 Di Mana? Ini Jawabannya

 

Selanjutnya buka karet yang menutupi bagian kelistrikan bodi di GSX R150, mudah kok! Cukup singkirkan saja menggunakan tangan kosong.

 

Setelah itu, siapkan obeng plus atau kunci pas berukuran 8 mm. dan copot baut di kutub negatif dulu baru kutub positif.

 

Sekedar informasi, GSX R150 menggunakan aki berkapasitas murni 5 Ah. Adapun brand yang digunakan biasanya adalah GS ASTRA GTZ6V atau pun NS dengan spek yang serupa.

 

Letak Aki GSX R150 Di Mana? Ini Jawabannya

Letak Aki GSX R150 Di Mana? Ini Jawabannya

*Keterangan: akinya dicas, tapi sepertinya minta ganti baru hehe.



Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x