-->
★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Kawasaki Kembali ke MotoGP? Tapi Ditolak Dorna?


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kawasaki menjadi salah satu raksasa pabrikan motor yang sudah sejak tahun 2008/ 2009 absen. Ada kabar jika pada tahun lalu, Kawasaki berusaha kembali ke MotoGP, namun ditolak oleh Dorna. Wah kenapa?

 

Kawasaki Kembali ke MotoGP? Tapi Ditolak Dorna?

Kawasaki setidaknya pernah ada di MotoGP pada tahun 2002 hingga tahun 2008. Pada tahun 2008, Kawasaki mengalami masalah finansial sehingga harus menggunakan 1 motor di tahun berikutnya yakni tahun 2009.

 

Kawasaki menggandeng tim Hayate Racing Team pada tahun 2009 dan hanya mengusung 1 motor. Hal tersebut merupakan keistimewaan yang diberikan oleh Dorna guna menyelamatkan Kawasaki agar tetap di MotoGP.

 

Namun faktanya adalah Kawasaki benar-benar tidak kompetitif di MotoGP dan krisis ekonomi di tahun 2008 benar-benar berdampak bagi Kawasaki.

 

Pada akhirnya, setelah musim MotoGP 2009 usai, Kawasaki benar-benar hengkang dari ajang MotoGP.

 

Kawasaki lebih memilih fokus di ajang World Superbike yang mana Kawasaki di WSBK benar-benar kompetitif bersama pembalapnya yakni Rea.

 

Pada tahun 2020 kemarin, ada isu bahwa Kawasaki akan kembali ke MotoGP. Namun hal tersebut ditolak oleh Dorna.

 

Apa yang membuat Kawasaki ditolak Dorna? Masalahnya cukup sederhana yakni Kawasaki meminta spek motor wildcard yakni spek motor ZX-10RR yang digunakan di WSBK dan diberi sedikit modifikasi agar dapat bertarung dengan motor-motor prototype di MotoGP.

 

Namun hal tersebut jelas ditolak oleh Dorna karena wildcard hanya diberikan oleh Dorna pada pabrikan yang sudah ada di MotoGP sebelumnya. Sedangkan Kawasaki baru mau masuk dan langsung minta Wildcard.

 

Adapun, isu yang beredar kenapa Kawasaki meminta wildcard adalah karena Kawasaki masih terkendala dengan finansial jika harus secara full mengikuti kompetisi MotoGP.

 

Dorna pun menyarankan agar di tahun 2020 kemarin, Kawasaki melakukan riset secara mendalam.

 

Mungkin Dorna juga menguji keseriusan dari Kawasaki yang nampak setengah hati ketika hendak masuk kembali ke MotoGP.

 

Hingga kini di pertengahan musim 2021, Kawasaki nampak tidak ada kabar lagi dengan MotoGP. Nampak Kawasaki masih asyik dengan kompetisi WSBK yang lebih kompetitif bagi Kawasaki.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


x