-->

Kabel Merah Positif atau Negatif Pada Aki ?? Ini Jawabannya


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti kabel merah pada aki, positif atau negatif ya kira-kira?

 

Kabel menjadi salah satu pilihan dalam menyalurkan daya listrik dari titik A ke titik lain. Termasuk pada aki, kabel masih jadi pilihan dalam menghubungkan tiap komponen.

 

Pada kabel sendiri, biasanya ada kode, tanda, hingga warna agar kabel-kabel tersebut dapat diidentifikasi dan tidak tertukar.

 

Salah satu warna pada kabel yang sering dijumpai adalah kabel berwarna merah. Wah, kira-kira apa ya artinya?

 

Arti Warna Kabel Merah Pada Aki

Kabel Merah Positif atau Negatif Pada Aki ?? Ini Jawabannya


Secara umum termasuk pada aki, kabel warna merah selalu menunjukan muatan positif. Artinya adalah kabel merah adalah kabel positif pada aki.

 

Biasanya, kabel positif pada aki ini juga diberi tanda lain yakni diberi pelindung karet pada bagian ujung kabelnya.

 

Hal ini bertujuan agar bagian ujung kabel tidak menyentuh kabel lain semisal kabel negatif. Sebab jika bersentuhan, maka dapat menyebabkan korslet hingga timbul percikan api.

 

Pada aki, bagian kutub positifnya ditandai dengan tanda +, sedangkan bagian negatifnya diberi tanda -. Jadi jangan sampai salah pasang ya, sebab bisa saja kita tahu arti warna kabel, namun salah dalam memasangkannya pada aki.

 

Oh iya, pada aki sendiri, biasanya akan diberi 2 kabel yakni kabel berwarna hitam dan berwarna merah. Jadi yang merah adalah postif dan yang hitam adalah yang negatif.

 

Cara Bongkar dan Pasang Kabel Aki

Dalam mencopot dan memasang kabel aki, ada aturannya yang bertujuan agar lebih aman serta agar performa dari aki lebih maksimal.

 

Adapun dalam mencopot kabel aki, maka usahakan copot kabel negatifnya terlebih dahulu lalu kabel positifnya. Hal ini bertujuan agar meminimalisir adanya short karena kebel positif lebih dulu “bebas”.

 

Sedangkan dalam memasangkan kabel aki, maka usahakan pasangkan terlebih dahulu kabel positif lalu pasangkan kabel negatif. Hal ini bertujuan agar performa aki lebih baik, sebab jika yang dipasangkan adalah kabel negatifnya dulu, maka ditakutkan akan ada hambatan arus karena terhalang grounding.

 

Bahaya Salah Pasang Kabel Aki

Salah satu tujuan kita membaca artikel ini adalah agar tidak salah dalam memasang kabel aki. sebab jika salah dalam memasangkan kabel aki, maka dapat berdampak pada hal-hal buruk di bawah ini:

  • Terjadi korsleting atau short
  • Timbul percikan api
  • Aki menjadi panas
  • Sikring atau fuse putus
  • Aki tidak dapat berfungsi
  • Garansi aki hangus atau hilang

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x