-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Kabel Merah Positif atau Negatif ? ini Jawabannya !

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti dari warna kabel merah.

 

Kabel menjadi media dalam mengantarkan arus listrik dari satu titik ke titik lain. Sejauh ini, kabel masih banyak digunakan untuk beberapa keperluan, misal untuk jaringan internet, hingga jaringan listrik.

 

Pada dasarnya, tidak semua kabel itu sama. Contoh sederhanya adalah kabel di towe listrik akan berbeda dengan kabel pada charger smartphone, benar kan?

 

Karena itu, tidak heran jika kabel akan diberi kode berdasarkan jenis spsesifikasinya. Kode-kode tersebut mencerminkan ukuran hingga peruntukan.

 

Secara umum, yang lumrah kita jumpai adalah “kode” warna pada kabel. Dimana kabel dengan warna merah mungkin jadi salah satu kabel yang paling banyak kita jumpai.

 

Tapi, kabel merah itu difungsikan untuk muatan apa?

 

Kabel Merah Adalah Kabel Fasa

Kabel Merah Positif atau Negatif ? inI Jawabannya !

Secara umum, kabel merah adalah kabel fasa (api) atau kabel positif. Ini biasanya akan kita temukan pada benda-benda elektronik yang punya standarisasi tertentu.

 

Tapi perlu diingat bahwa beda standarisasi, maka beda juga penggunaan warnanya. Sebut saja, ada kabel positif yang berwarna hitam, putih, hingga biru.

 

Oleh karenanya, sebisa mungkin kita pahami standarisasi dari kabel yang kita gunakan. Namun jika perangkat yang tengah kita bongkar adalah perangkat listrik dengan arus DC, maka tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan kutub positif dan negatif menggunakan Avo meter atau Multi tester.

 

Dampak Kabel Positif dan Negatif Tertukar

Sebenarnya jika hendak merangkai atau merakit komponen kelistrikan, maka kita bisa saja menggunakan kabel dengan warna yang sama misal semua kabelnya berwarna hitam.

 

Namun hal tersebut akan mempersulit ketika nantinya kita akan melakukan perbaikan. Oleh karenanya, banyak yang menganjurkan menggunakan kabel berwarna yang ada standarisasinya agar nanti saat kita akan melakukan perbaikan, maka itu akan lebih mempermudah kita.

 

Sebab jika sampai nantinya kita tertukar dalam melepas atau memasang kabel, maka dampaknya bisa bikin pusing juga.

 

Adapun dampak dari kabel positif dan kabel negatif yang tertukar adalah sebagai berikut:

  • Komponen kelistrikan tidak berfungsi
  • Kabel hingga komponen kelistrikan panas
  • Adanya percikan api
  • Kerusakan fatal pada komponen kelistrikan
  • Komponen kelistrikan yang terbakar
  • Hilangnya garansi pada komponen kelistrikan.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x