-->

Arti Last Sector atau Final Sector MotoGP, Ini Loh Maksudnya

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti last sector pada MotoGP.

 

MotoGP merupakan salah satu cabang olahraga yang populer di Indonesia. Gelaran balap motor prototipe internasional ini tiap tahunnya selalu memberikan kejutan tersendiri.

 

Terlebih untuk musim balap 2020 dan 2021 yang banyak drama karena gelaran balap diadakan saat pandemi.

 

Ngomong-ngomong, banyak istilah di MotoGP yang sukar dipahami secara mentah. Hal tersebut wajar, mengingat MotoGP menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa “formalnya”.

 

Salah satu istilah atau kata yang sukar dipahami adalah last sector. Apakah itu?

 

Arti Last Sector atau Final Sector di MotoGP

Last sector atau final sector bila kita terjemahkan artinya adalah sektor terakhir. Hal ini merujuk pada sektor terakhir di lintasan atau sirkuit MotoGP.

 

Di ajang MotoGP sendiri, lintasan balap biasanya berbentuk “menyambung” atau “melingkar” dengan beberapa rintangan seperti tanjakan, turunan, dan tikungan.

 

Biasanya last sector ini sering muncul di layar kaca saat balapan tinggal menyisakan satu putaran lagi dan balapan benar-benar akan berakhir.

 

Last sector sendiri merupakan bagian dari lintasan balapan dimana last sector merujuk pada sektor terakhir lintasan sebelum garis finish.

 

Pada lintasan balapan MotoGP, biasanya terdiri dari beberapa tikungan baik ke kiri maupun ke kanan.

 

Sektor sendiri mencerminkan bagian pada lintasan, dimana biasanya sektor ini juga terdiri dari beberapa tikungan dan track lurus.

 

Misalnya saja, sirkuit Jerez Spanyol yang memiliki sebenyak 13 tikungan dengan tikungan ke kanan sebanyak 8 dan tikungan ke kiri sebanyak 5.

 

Arti Last Sector MotoGP, Ini Loh Maksudnya

Sirkuit dengan panjang 4.423 meter dan lebar 11 meter ini setidaknya dibagi dalam 4 sektor.

 

Dari tmcblog.com, disebutkan bahwa sektor satu ini dimulai dari ujung akhir Straight depan podium, kemudian tikungan 1, tikungan 2, tikungan 3, dan tikungan 4.

 

Kemudian sektor dua terdiri dari lintasan lurus dan tikungan 5 yang berkarakter speed corner.

 

Sektor 3 terdiri dari tikungan 6, tikungan 7, tikungan 8, dan tikungan 9. Kemudian sektor terakhir terdiri tikungan 10, tikungan 11, tikungan 12, dan tikungan 13.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x