-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

5 Penyebab GSX R150 Oleng (Geol) di Kemudi Depan


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dari GSX R150 yang oleng atau geol di kemudi depan atau bagian stang.

 

Berawal dari kami yang membeli GSX R150 bekas dengan low jarak tempuh. Ya, kami membawa GSX R150 dengan jarak tempuh di angka 5.xxx Km, padahal GSX R150 yang dipinang merupakan GSX R150 lansiran tahun 2018 warna putih.

 

Impresi pertama, motor memang sepintas seperti baru, tidak ada yang mengganjal di performa mesin maupun suspensi depan dan belakang.

 

Namun saat motor menyentuh aspal dan kecepatan dipacu rendah (di bawah 40 Km), baru ada sesuatu yang mengganjal yakni bagian kemudi depan oleng kiri dan kanan. Anehnya, oleng atau geol tersebut hilang saat motor dipacu di kecepatan sedang ke tinggi.

 

Sesampainya di rumah, kami mengecek roda dan komstir, sebab biasanya bearing roda dan bearing komstir mengalami kerusakan jika terjadi gejala oleng saat motor dipacu.

 

Namun tidak ada yang aneh dari bearing roda maupun dari bearing komstir. Lalu apa yang salah?

 

1. Efek Ban IRC EXATO

5 Penyebab GSX R150 Oleng (Geol) di Kemudi Depan

Banyak juga ternyata owner GSX 150 series hingga pengguna IRC Exato secara umum yang mengeluhkan oleng pada bagian bannya.

 

Ya, oleng pada GSX R150 dinilai wajar meski motor masih berjarak tempuh rendah. Penyebabnya adalah karena kembang atau tapak dari ban IRC Exato yang tidak simetris dan membuat ban akan cenderung oleng saat dipacu di kecepatan rendah.

 

Mungkin, saat nanti bagian tapaknya mulai aus, maka ban akan lebih balance ketimbang saat tapaknya masih bagus.

 

Selain masalah ini, ada juga loh penyebab lain dari GSX R150 yang oleng. Berikut sekalian kami bahas di sub bab di bawah.

 

2. Komstir Oblak

Komstir atau com road atau com steer atau bearing pada bagian konektor rangka dan segitiga menjadi salah satu penyebab kenapa motor mengalami oleng. Biasanya komstir oleh karena sering membentur jalan yang tidak rata dengan kecepatan tinggi atau bisa juga karena pernah menabrak atau terjatuh.

 

Tapi bisa juga komstir jadi kurang enak karena komstir longgar. Ya longgar ini bisa terjadi karena salah dalam pemasangan hingga karena sering menghantam benda dengan keras.

 

3. Bearing atau Laher Roda Oblak

Selanjutnya adalah karena bearing atau laher pada velg oblak. Sama seperti komstir, jika kita pernah tabrakan, terjatuh, hingga sering menerabas jalan yang tidak rata dengan kecepatan tinggi, maka bearing atau laher pun akan dengan mudah oblak hingga remuk.

 

4. Shock Depan Bocor

Selanjutnya adalah shock depan yang bocor. Ini bisa diakibatkan karena kita sering memacu motor dalam kecepatan tinggi di jalan tidak rata atau bisa juga karena bagian shock tidak terawat hingga banyak menimbun debu serta pasir yang dapat merobek shock depan.

 

5. Oli Shock Tidak Bagus

Penyebab lainnya adalah oli shock sudah mulai tidak bagus. Atau jika memasang oli shock baru, bisa jadi kualitasnya memang tidak bagus atau bisa juga karena takaran oli yang kiri dan kanan berbeda pada shock depan.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x