-->

Arti Parc Ferme MotoGP, Sudah Tau Belum ???

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. MotoGP merupakan salah satu ajang olahraga balap yang populer di Indonesia. Namun sayangnya ada banyak istilah di MotoGP yang sukar diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, salah satunya adalah Parc Ferme. Wah apa ya arti dari Parc Ferme di MotoGP?

 

Kami tertarik untuk membahas mengenai Parc Ferme, salah satu area di lintasan balap yang sering disorot oleh kamera namun jarang diketahui namanya.

 

Pengertian Parc Ferme di MotoGP

Saat kita berselancar di Google Translate, kita akan sukar untuk mendefinisikan arti dari Parc Ferme. Masalahnya adalah Parc Ferme bukan merupakan kata dari Bahasa Inggris. Parc Ferme merupakan kata dari Bahasa Prancis.

 

Adapun dilansir dari id.wikipedia.org; Parc Fermé, secara harfiah berarti "taman tertutup" dalam bahasa Prancis, adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan sebuah wilayah aman di sirkuit Grand Prix di mana mobil dapat disimpan semalam.

 

Definisi di atas merujuk pada Parc Ferme di ajang Formula 1 (F1). Sedangkan dalam pembahasan kali ini kita akan fokus membahas mengenai Parc Ferme di ajang MotoGP.

 

Sebenarnya secara umum, Parc Ferme yang berasal dari Bahasa Prancis memang dimaknai sebagai taman tertutup, hal tersebut juga berlaku untuk ajang MotoGP.

 

Arti Parc Ferme MotoGP, Sudah Tau Belum ???
P. Espargaro (kiri), Zarco (tengah), dan Quartararo (kanan) di Parc Ferme Sachsenring (19/6/2021)

Namun untuk ajang MotoGP, Parc Ferme berfokus menjadi tempat khusus untuk parkir motor pembalap yang ada di 3 besar saat sesi kualifikasi maupun saat race ditambah 1 motor dari pembalap tim satelit yang berforma terbaik saat race berlangsung.

 

Di area Parc Ferme ini juga biasanya para kru akan berkumpul untuk melakukan selebrasi podium pembalapnya (tepatnya di area luar parc ferme).

 

Dan untuk MotoGP, Parc Ferme ini juga menjadi wilayah para pembalap (posisi 1 hingga 3) berkumpul untuk sesi wawancara sebelum masuk ke arena podium.

 

Nah bagaimana? Sudah tau kan sekarang tentang parc ferme di MotoGP?

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x