-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Arti COD dalam Bahasa Gaul dan Arti COD dalam Jual Beli Online

 

Arti COD dalam Bahasa Gaul dan Arti COD dalam Jual Beli Online

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai arti COD dalam bahasa gaul dan arti COD dalam jual beli online.

 

Belakangan penggunaan kata COD mulai semakin menyeruak. Meski COD ini sudah muncul sejak lebih dari satu dekade terakhir, namun penggunaan secara luas mulai menggeliat pada beberapa tahun terakhir lewat layanan salah satu marketplace online.

 

COD sendiri memang terbukti lebih aman serta dinilai lebih praktis bagi kita yang tidak punya uang digital serta kurang percaya dengan transaksi rekber atau rekening bersama.

 

Namun COD bukan tanpa kelemahan, biaya yang jadi lebih besar (biaya penanganan) serta adanya kasus pembeli yang enggan membayar barang pada kurir saat COD jadi instrumen negatif yang harus diluruskan jika sistem COD tidak ingin dihapus dalam waktu dekat.

 

Mengancam, memaki, hingga menghancurkan barang saat COD merupakan salah satu tindak yang kurang beradab yang dilakukan oleh beberapa oknum pembeli yang melakukan sistem transaksi COD di aplikasi marketplace online.

 

Selain memalukan, hal tersebut juga merupakan salah satu bentuk pelanggaran pidana yang dapat membuat orang yang bersangkutan berakhir di penjara.

 

Nah dari pada bingung, mari kita bahas bersama mengenai COD dan bagaimana sistemnya secara keseluruhan.

 

Arti COD

Secara umum dan secara dasar, COD ini merupakan singkatan dari bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah Cash on Delivery atau artinya adalah pembayaran tunai saat barang sudah dikirim (secara lebih spesifik maksudnya adalah saat barang sudah sampai di pembeli).

 

Dulu saat marketplace online belum banyak menawarkan sistem COD, para pengguna Kaskus Jual Beli, Facebook Grup Jual Beli, OLX, Tokobagus, hingga Berniaga sudah lebih dulu menggunakan COD dengan metode konvensional.

 

Karena dulu sistem pembayaran online masih belum terlalu dilirik, maka opsi paling aman adalah dengan bertemu langsung dengan penjual/ pembeli.

 

Jadi si penjual akan menawarkan barang di situs online, lalu jika ada yang berminat, maka biasanya si penjual atau pembeli akan mengadakan janji bertemu untuk lihat-lihat barang dulu.

 

Dulu COD bisa dilakukan di rumah pembeli, rumah penjual, toko penjual, atau di tengah-tengah (tempat khusus) dan tidak banyak melibatkan banyak instansi seperti kurir maupun pihak situs jual beli online.

 

Jadi transaksi benar-benar hanya dilakukan oleh penjual dan pembeli, jadi jikalau ada masalah di barang, maka tanggung jawab akan langsung ada di penjual dan pembeli.

 

Namun kini sistem COD sudah berkembang, pihak marketplace menggandeng kurir baik itu dari internal maupun eksternal untuk melakukan transaksi COD.

 

Jadi kini yang COD adalah pembeli dengan kurir dan bukan pembeli dengan penjual. Oleh karenya jangan heran jika nanti ada biaya tambahan karena harus memberikan jasa pada kurir.

 

So yang jadi masalah di sini adalah ketika pembeli masih berfikir bahwa kurir adalah penjual sehingga tak jarang si pembeli langsung menghakimi kurir ketika barang yang dipesan tidak sesuai.

 

Kurir atau pihak jasa ekspedisi sendiri biasanya hanya bertanggung jawab ketika barang rusak, barang hilang, atau ada keterlambatan dalam pengiriman.

 

Jadi di sini jika barang yang dikirim itu palsu, beda warna, beda jenis, dan lain hal yang serupa lainnya, maka tanggung jawab ada di si penjual yang ikut berjualan di marketplace online.

 

Arti COD dalam Bahasa Gaul

Sebenarnya arti COD di bahasa gaul ini sama dengan arti COD secara umum yakni cash on delivery.

 

Namun tak jarang COD dalam bahasa gaul ini sering dipelesetkan, misal jadi cek on delivery, cocok oke deal, dan lain sebagainya.

 

Tetapi kadang juga COD merujuk pada salah satu judul video game yakni Call of Duty, yakni salah satu serial game perang yang mendunia.

 

Arti COD dalam Jual Beli Online

Dalam jual beli online, COD ini juga dimaknai sebagai cash on delivery. Tetapi kadang juga COD ini dimaknai sebagai collect on delivery atau kumpulkan dalam pengiriman serta cash on demand atau pembayaran dilakukan jika ada permintaan.

 

Pada intinya baik dalam bahasa gaul maupun dalam jual beli online, COD ini selalu diartikan sebagai cash on delivery atau melakukan pembayaran saat barang sudah “real” ada di depan mata pembeli (bisa lewat pengiriman maupun dengan bertemu langsung).

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

x