-->

Apakah Paket COD Bisa Dibuka Dulu Tidak? Jangan Bikin Malu Sob !

Apakah Paket COD Bisa Dibuka Dulu Tidak? Jangan Bikin Malu Sob !

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Akhir-akhir ini banyak kasus mengenai pelanggan yang komplain ke kurir karena paket COD. Bahkan, banyak pihak yang menyuarakan agar menutup sistem COD di marketplace online. Wah, sebenarnya sistem COD itu seperti apa ya?

 

COD merupakan singkatan dari Cash on Delivery, dimana artinya adalah melakukan pembayaraan saat barang dikirimkan.

 

Pada konsepnya, barang COD adalah barang yang akan kita bayar ketika barang sudah benar-benar ada di depan mata kita.

 

Sistem ini mulai ramai pada tahun 2010-an silam, dimana kala itu di Indonesia ada banyak users Tokobagus hingga Berniaga yang melakukan COD secara mandiri.

 

Ya, dulu COD dilakukan oleh penjual dan pembeli secara langsung. Sedangkan kini, sistem COD dilakukan oleh kurir (pengirim paket) dan pembeli.

 

Nah karena pergeseran pelaku COD tersebut, maka tidak heran jika kini masih marak yang menganggap bahwa kurir adalah penjual yang bertanggung jawab terhadap barang yang dijual.

 

Padahal sejatinya antara kurir dan penjual di era marketplace online kini sudah benar-benar berbeda. Bahkan, kini kurir sudah tidak lagi mengikat dengan penjual (pihak yang berbeda).

 

Nah kita kembali ke topik utama dalam artikel ini yakni mengenai apakah paket COD bisa dibuka dulu?

 

Apakah Paket COD Bisa Dibuka Dulu?

Dulu memang pernah ada marketplace online yang berani menawarkan fitur cek dulu barang bahkan pakai dulu barang (untuk pakaian) yang artinya adalah paket COD tersebut bisa dibuka dulu.

 

Tetapi itu hanya berlaku untuk salah satu marketplace dan TIDAK SEMUA MARKETPLACE ONLINE MENERAPKAN KEBIJAKAN YANG SAMA.

 

Jadi jika ditanya, apakah paket COD bisa dibuka dulu? Untuk sekarang, mayoritas marketplace online memberikan kebijakan yakni tidak memperbolehkan paket untuk dibuka dulu SEBELUM paket dibayar terlebih dulu ke kurir.

 

Untuk lebih jelasnya, silahkan kalian lihat kebijakan mengenai fitur COD di marketplace tempat kalian membeli barang (keterangan: marketplace yang kita maksud adalah Bukalapak, Shopee, Tokopedia, Lazada, dan sejenisnya).

 

Bagaimana Jika Sudah Bayar Ke Kurir dan Paket Tidak Sesuai?

Ini yang biasanya jadi masalah, dimana ketika paket COD tidak sesuai, maka harusnya urusannya adalah ke penjual online dan ke marketplace online tempat kita membeli barang.

 

Jadi urusannya bukan ke kurir, sebab kurir untuk di era memang berfokus sebagai pengirim paket dan bukan sebagai penjual.

 

(Terkecuali, jika kalian membeli barang dengan paket COD dan yang mengirimkan barang adalah si penjual itu sendiri).

 

Jika paket kalian tidak sesuai dengan deskripsi, maka kita dapat melakukan komplain atau klaim di marketplace online.

 

Adapun ketentuan dalam pengembalian barang atau pengembalian uang dapat kalian cek secara langsung di kebijakan marketplace online yang bersangkutan (pasalnya tiap marketplace memberikan kebijakan yang berbeda-beda).

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x