-->

Cara Menggunakan Aki Kering Baru, Awas Salah !!!

 

Cara Menggunakan Aki Kering Baru, Awas Salah !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara menggunakan aki kering baru.

 

Aki atau accumulator merupakan salah satu komponen pada kendaraan bermotor yang fungsinya cukup vital.

 

Soal suplai listrik terutama pada komponen berarus DC, maka aki ini jadi suplay utama. Bahkan, kini sistem pengapian pun banyak yang membutuhkan suplai listrik berarus DC dari aki.

 

Di pasaran sendiri, aki dibedakan pada dua jenis yakni aki basah dan aki kering. Dimana aki kering sendiri dibagi lagi dalam dua jenis yakni yang menggunakan asam sulfat (cairan elektrolit) dan aki kering yang menggunakan gel.

 

Nah perlakuan pada tiap aki kering (maintenance free/ MF) baru berbeda-beda. Hal tersebut tergantung dari kondisi aki yang nanti kita terima.

 

Lalu bagaimana cara menggunakan aki kering baru?

 

1. Langsung Pasang, Tapi…..

Yang pertama adalah langsung pasang. Tapi ini TIDAK BERLAKU PADA TIAP AKI KERING BARU. Jadi jika kita membeli aki kering berjenis gel dan gelnya sudah dipasangkan dari pabrikan, maka kita tinggal pasang saja aki kering tersebut.

 

Pun begitu untuk aki kering bercairan elektrolit, jika cairan elektrolitnya sudah dipasangkan dari pabrikan, maka kita tinggal pasang saja pada kendaraan bermotor kita.

 

Tapi, kami sarankan untuk membeli aki kering gel atau bercairan elektrolit dengan usia muda (tahun dan bulan produksi muda).

 

Hal tersebut untuk meminimalisir terjadinya tekor atau lowbatt pada aki baru kita. Jadi misal kita membeli aki di bulan April, maka usahakan request atau cari aki dengan bulan produksi di bulan April juga atau minimal di bulan Maret (1 bulan sebelumnya).

 

2. Isi Carian Elektrolit (Aki Zuur)

Selanjutnya adalah mengisi cairan elektrolit atau aki zuur. Cairan berjenis asam sulfat ini memang pada beberapa produsen aki akan “diserahkan” pada konsumen dalam keadaan belum dimasukan pada aki.

 

Oleh karenanya jika kita membeli aki kering yang cairan akinya terpisah dan belum terpasang atau dimasukan pada aki, maka kita harus masukan dulu air akinya sebelum menggunakan aki pada kendaraan.

 

Baca JugaCara Isi Air Zuur Aki Kering MF (Maintenance Free) Baru

 

Jika kalian penasaran dengan bagaimana cara memasangkan air aki pada aki kering baru, berikut kami lampirkan videonya.




3. Diamkan Selama 20 Menit – 30 Menit

Nah jika aki kering yang kita beli harus diisi air zuur-nya oleh kita, maka setelah proses pemasangan air zuur selesai, maka kita harus menunggu dulu aki selama 20 menit hingga 30 menit.

 

Hal ini bertujuan agar proses kimiawi antara asam sulfat dan bagian cell aki dapat berproses dengan sempurna dan aki pun jadi lebih optimal kinerjanya (tidak mudah drop).

 

4. (Opsi) Charging atau Isi Ulang Daya

Ini adalah opsional. Jadi jika aki yang kita beli adalah aki kering gel atau aki kering berair zuur yang sudah dipasangkan oleh produsen dan TERNYATA DAYA LISTRIK PADA AKI TEKOR ATAU LOWBATT, maka kita harus melakukan recharge atau isi ulang daya pada aki kita (biasanya ini terjadi pada aki kering yang tahun atau bulan produksinya sudah lama).

 

Sebenarnya, kita dapat melakukan pengisian aki dengan cara menghidupkan kendaraan dan biarkan proses pengisian aki pada kendaraan berlangsung.

 

Namun jika aki tekor secara cukup signifikan dan atau sistem pengisian pada kendaraan tidak normal (spull gosong atau kiprok rusak), maka kita mau tidak mau harus melakukan recharge.

 

Lakukan isi ulang daya dengan spesifikasi yang sesuai dengan jenis aki dan dengan spesifikasi aki.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x