-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

 Breaking NewsJadwal Operasi Patuh Lodaya Mulai Tanggal 20 September – 3 Oktober 2021, Ini Yang Diincar

6 Penyebab Kelistrikan Motor Beat Fi Mati Total, Waduh Kenapa Ini ???

 

6 Penyebab Kelistrikan Motor Beat Fi Mati Total, Waduh Kenapa Ini ???
Sumber: astra-honda.com

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab kelistrikan motor Beat Fi mati total.

 

Beat Fi merupakan salah satu motor metik dari Astra Honda Motor (AHM) yang terbilang sangat sukses di pasaran Indonesia.

 

Beat Fi sendiri lahir untuk menantang eksistensi dari Yamaha Mio. Hingga kini, Honda Beat masih unggul dari Yamaha Mio dalam hal penjualan.

 

Bahkan kini, Honda Beat dipasarkan dengan dua model yakni versi standar dan versi Beat Street (versi advanture).

 

Sukar memang menggambarkan kesuskesan dari Honda Beat, namun bila bicara mengenai tren motor metik, maka Honda Beat masih jadi salah satu motor yang paling populer di jalanan Indonesia.

 

Nah sama seperti motor lain, Honda Beat Fi ini kadang atau bahkan sering mengalami masalah.

 

Dan masalah tersebut salah satunya adalah kelistrikan yang mati total. Lalu, apa penyebab kelistrikan motor Honda Beat Fi mati total?

1. Sekring Putus atau Terbakar

Yang pertama dan yang menjadi penyebab paling sering dari kelistrikan Honda Beat Fi yang mati total adalah sekring yang putus atau terbakar.

 

Sekring atau fuse adalah komponen kelistrikan yang berfungsi untuk mengamankan kelistrikan dari arus pendek atau korslet.

 

Jadi saat terjadi korslet, maka sekring akan mengorbankan dirinya. Hal tersebut bertujuan agar sistem kelistrikan lain tidak menerima dampak lebih buruk dari adanya hubungan arus pendek atau korslet.

 

 2. Aki Soak

Penyebab lainnya dari motor Beat Fi yang mati total adalah karena aki yang tekor atau soak. Jika aki sudah berumur atau kita menggunakan lampu-lampu dalam jangka waktu lama dan mesin motor tidak dinyalakan, maka hal tersebut dapat menyebabkan aki menjadi tekor hingga soak dan tentunya hal tersebut juga dapat membuat motor Beat Fi mati total kelistrikannya.

 

3. Kabel Ada Yang Putus

Penyebab selanjutnya dari kelistrikan motor Beat Fi yang mati total adalah adanya kabel yang putus.

 

Periksa perkabelan dan pastikan saling terhubung, terutama kabel pada aki, rumah sekring, hingga kabel pada kunci kontak.

 

Pada beberapa motor, kabel di kunci kontak sering putus. Hal tersebut sering terjadi pada motor Honda Sonic 150.

 

4. Kiprok Rusak

Selanjutnya adalah kiprok rusak. Jika aki masih baru dan sering tekor atau kembung, maka salah satu penyebabnya adalah kiprok yang rusak.

 

Kiprok yang rusak sendiri dapat menyebabkan overcharger maupun tekor pada aki. Hal tersebut tentunya dapat membuat sistem kelistrikan tidak normal dan menyebabkan sistem kelistrikan jadi mati total.

 

5. Alternator atau Spull Rusak

Penyebab lain yang masih berhubungan dengan sistem pengisian aki adalah alternator atau spull yang rusak atau gosong.

 

Hal ini setidaknya dapat menyebabkan aki tidak mengisi dan lambat laun membuat aki menjadi tekor dan tentunya membuat kelistrikan motor jadi mati total.

 

Jadi jika aki tidak mengisi saat mesin dinyalakan, maka kita harus cek kiprok serta spull.

 

6. Ada Yang Korslet

Meski nantinya sektring tidak putus, namun pada beberapa kondisi, kelistrikan motor tetap mati total karena adanya korslet atau hubungan arus pendek listrik.

 

Oleh karenya pastikan tidak ada kabel positif dan negatif yang saling menempel, selain itu jangan sampai kabel positif terhubung pula dengan rangka besi pada motor kita.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x