Jalan Tol Lingkar Luar Adalah ? Ini Penjelasannya !!

Daftar Isi [Tampil]

 

Jalan Tol Lingkar Luar Adalah ? Ini Penjelasannya !!


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai jalan tol lingkar luar.

 

Bicara soal jalan tol, jalan tol merupakan salah satu jenis jalan yang termasuk pada jalan nasional yang mana membebankan pajak pada penggunanya.

 

Jalan tol sendiri sering disebut juga sebagai jalan bebas hambatan, hal tersebut mengacu pada kondisi jalan tol yang minim akan hambatan seperti sebut saja lampu merah, pasar tumpah, dan lain sebagainya.

 

Pengertian Jalan Tol

Jalan tol adalah salah satu jalan yang dikhususkan untuk kendaraan beroda empat atau lebih atau kendaraan bersumbu dua atau lebih seperti mobil, bus, truk, dan lain sebagainya.

 

Jalan tol sendiri merupakan salah satu jaringan jalan nasional yang mana membebankan tarif jasa bagi penggunanya.

 

Pembayaran jasa jalan tol sendiri dilakukan di gerbang tol, dimana gerbang tol sendiri berupa bangunan yang biasanya terdapat di bagian awal atau akhir dari jalan tol.

 

Di Indonesia, jalan tol ini sering disebut juga sebagai jalan bebas hambatan, cukup masuk akal, tetapi tidak sepenuhnya benar.

 

Pada id.wikipedia.org, dijelaskan bahwa:

Di dunia secara keseluruhan, tidak semua jalan bebas hambatan memerlukan bayaran. Jalan bebas hambatan tanpa berbayar dinamakan freeway atau expressway sedangkan jalan bebas hambatan berbayar dinamakan dengan tollway atau toll road.

 

Jadi intinya adalah tidak semua jalan bebas hambatan menerapkan tarif, sedangkan jalan tol pasti menerapkan tarif.

 

Pengertian Jalan Tol Lingkar Luar

Jalan tol lingkar luar merupakan salah satu jalan tol yang terletak di wilayah DKI Jakarta yang mana jalan tol ini rupanya cukup terkenal.

 

Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta disebut juga dengan nama Jakarta Outer Rong Road atau disingkat dengan JORR.

 

Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta sendiri adalah rangkaian jalan tol yang melingkari bagian-bagian di luar Jakarta.

 

Jalan tol pertama yang dibangun pada bagian Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta adalah seksi Cikunir hingga Cakung yang mana pembangunannya adalah pada tahun 1990.

 

Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta terbagi pada 4 bagian beasr yakni ruas Pondok Pinang-Pasar Rebo, ruas Pasar Rebo-Rorotan, ruas Kembangan-Penjaringan, serta ruas Kembangan-Ulujami.

 

Jalan tol ini sendiri menjadi fasilitas tujuan bagi warga Jabodetabek menuju kota-kota di Pantura dan Jalur Selatan Jawa atau sebaliknya.

 

Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2

Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 adalah kelanjutan dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta pertama yang dibangun pada tahun 1990.

 

Jalan tol ini diresmikan pada tahun 2012, dan menjadi penghubung bagi Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta yang pertama.

 

Dikutip dari id.wikipedia.org, berikut penjelasan dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2:

Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2, JORR II atau JORR 2 adalah jalan tol penghubung Jakarta dengan Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor, Depok, dan Bekasi. Jalan tol ini melintasi Kota Jakarta Barat, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, dan Kota Jakarta Utara. Pembangunan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 dimulai dengan dibangunnya Jalan Tol Cisalak - Jagorawi yang merupakan salah satu bagian dari ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi dan diresmikan pada tanggal 27 Januari 2012 lalu sepanjang 3,7 km. Nantinya, jika semua ruas Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 dioperasikan, maka akan memudahkan pengendara dari Jabodetabek yang akan menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dan Jakarta ataupun sebaliknya.

 

Baik itu Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 1 ataupun 2, keduanya sama-sama sangat membantu mobilitas dari Jakarta dan daerah sekitarnya.

 

Jalan tol ini menjadi cukup terkenal karena menjadi penghubung daerah Ibu Kota dengan kota-kota besar penunjang lainnya.


 Tips Meminimalisir Terjadinya Kecelakaan Di Jalan Tol

Ada beberapa tips agar terhindar dari kecelakaan di jalan tol, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan kendaraan dalam keadaan prima
  • Pastikan kondisi pengemudi dalam keadaan fit
  • Hindari menyalip dari lajur kiri atau bahu jalan
  • Jalur kanan hanya untuk mendahului, jangan terus-terusan berdiam di jalur kanan
  • Patuhi kecepataan maksimal di jalan tol, yakni sekitar 100 Km/ jam
  • Dilarang berkendara terlalu lambat, terlebih saat ada di jalur kanan dan dalam kondisi lancar
  • Jangan berkendara sambil memainkan smartphone
  • Beristirahat di rest area jika mengantuk atau letih
  • Patuhi tiap rambu di jalan tol
  • Gunakan sabuk pengaman
  • Hindari membawa penumpang atau muatan yang berlebihan

 

Sekilas Tentang Jalan Tol

Dilansir dari id.wikipedia.org, jalan tol dideskripsikan sebagai berikut:

Jalan tol adalah jalan umum atau tertutup di mana para penggunanya dikenakan biaya (atau tol) untuk melintasinya sesuai tarif yang berlaku. Jalan ini merupakan suatu bentuk pemberian tarif pada jalan yang umumnya diterapkan untuk menutupi biaya pembangunan dan perawatan jalan.

 

Penetapan tarif didasarkan pada golongan kendaraan. Bangunan atau tempat fasilitas tol dikumpulkan disebut sebagai gerbang tol. Bangunan ini biasanya ditemukan di dekat pintu keluar, di awal atau akhir jembatan (misal: Jembatan Suramadu), dan ketika di awal memasuki suatu jalan layang (fly-over).

 

Di Indonesia, jalan tol sering dianggap sinonim untuk jalan bebas hambatan, meskipun hal ini sebenarnya salah. Di dunia secara keseluruhan, tidak semua jalan bebas hambatan memerlukan bayaran. Dalam bahasa Inggris, jalan bebas hambatan tanpa berbayar dinamakan freeway atau expressway sedangkan jalan bebas hambatan berbayar dinamakan dengan tollway atau toll road.


Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2


 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Bawah Artikel

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)