-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★


Jalan Tol Bermanfaat Mencegah Kecelakaan Lalu Lintas Karena ?

 

Jalan Tol Bermanfaat Mencegah Kecelakaan Lalu Lintas Karena ?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai jalan tol.

 

Artikel ini merupakan artikel berjenis edukasi dimana biasanya pertanyaan ini muncul pada soal ulangan atau PR (Pekerjaan Rumah).

 

Pembahasan kali ini sendiri adalah mengenai alasan kenapa jalan tol bermanfaat untuk mencegah kecelakaan lalu lintas.

 

Jalanan sendiri merupakan salah satu “pembunuh” terbesar di Indonesia, terutama jalanan yang ramai dan semerawut.

 

Kurangnya kesadaran keselamatan berkendara di Indonesia, menjadi salah satu alasan kenapa jalan menjadi salah satu faktor penyumbang kematian yang tinggi di Indonesia.

 

Nah ada jenis jalan yang diberi nama jalan tol atau jalan bebas hambatan, jalan ini disinyalir punya manfaat untuk mencegah kecelakaan lalu lintas, kenapa ya? Berikut beberapa alasannya:

1. Terhindar Dari Keramaian Orang

Berbeda dengan jalan umum, jalan tol merupakan jalan yang steril dari aktivitas masyarakat. Hanya orang-orang tertentu yang boleh ada di sekitar jalan tol.

 

Sebut saja seperti petugas jasa marga yang hanya diperbolehkan ada di sekitaran jalan tol, sisanya sangat dilarang untuk beraktivitas di jalan tol.

 

Jalan tol sendiri memiliki manajemen khusus dimana segala sesuatunya telah diatur, termasuk aturan mengenai penjualan produk tertentu seperti bahan bakar dan makanan.

 

Di jalan tol, ada yang namanya rest area, dimana rest area tersebut menyediakan beberapa fasilitas seperti tempat ibadah, minimarket, toilet, SPBU, penginapan, hingga rumah makan.

 

Tentunya rest area sendiri letaknya tidak sembarangan, agar tidak membuat jalan tol jadi terhambat.

 

 2. Batasan Jenis dan Kecepatan Kendaraan Yang Melewati Jalan Tol

Jalan tol tidak memperbolehkan sembarang kendaraan untuk masuk, hanya kendaraan beroda empat atau lebih yang dapat masuk ke jalan tol, itu pun harus bayar.

 

Sekedar informasi, di Indonesia pengguna sepeda motor sangat banyak dan mendominasi, dan sepeda motor pula menjadi penyumbang angka kecelakaan di jalan raya.

 

Oleh karena alasan tersebut, tidak heran kenapa sepeda motor dilarang masuk ke jalan tol. Selain itu, kendaraan roda empat juga diatur batasan kecepatannya.

 

Jadi jangan sampai kendaraan tersebut terlalu lambat, maupun terlalu cepat.

 

3. Jalan Tol Merupakan Jalur Cepat

Ini yang menarik, pasalnya meski sebenarnya di jalan tol juga masih ada kecelakaan, tetapi angkanya tidak sebanyak kecelakan di jalan non tol.

 

Sekedar informasi saja, di jalan tol sangat minim perempatan, lampu merah, hingga area putar balik dalam 1 ruas.

 

Oleh karenanya jangan heran jika angka kecelakaan di jalan tol cukup sedikit, pasalnya pengendara hanya diminta untuk fokus melaju ke depan ke arah yang dituju.

 

Hal tersebut berbeda dengan jalan non tol yang banyak persimpangan hingga jalur pembatas yang masih 1 ruas sehingga rentan akan terjadi kecelakaan.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel