Cara Merakit Motor Jadi Mobil, Ini Kata Perakit Mobil Bermesin Motor !!!

Daftar Isi [Tampil]

 

Cara Merakit Motor Jadi Mobil, Ini Kata Perakit Mobil Bermesin Motor !!!
Sumber: Facebook/ Anwar Iwank


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara merakit motor jadi mobil.

 

Masih seputaran merakit motor jadi mobil, dalam artikel ini kami akan beberkan beberapa tips dalam merakit motor menjadi mobil atau dalam kata lain tips dalam merakit mobil bermesin motor.

 

Belakangan, hobi memodifikasi motor tidak sebatas motor jadi motor, tetapi motor jadi beroda empat atau mobil mini pun mulai marak.

 

Memang, modifikasi yang satu ini terbilang ekstrim dan dilarang pada Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

 

Baca JugaModifikasi Motor Jadi Mobil, Pakai Mesin Motor Bebek !!!


Oleh karenanya, biasanya yang memodifikasi motor jadi mobil adalah orang-orang yang memang hobi merakit saja dan penggunaannya bukan untuk di jalan umum (biasanya untuk off road).

 

Baca JugaMobil Buatan Sendiri Mesin Motor? Berikut Gambar Mobil Rakitan Mesin Motor


Nah jika kalian kepincut juga untuk merakit motor jadi mobil, dari penuturan perakit mobil bermesin motor, berikut beberapa tips dan cara dalam merakit motor jadi mobil:

1. Siapkan Budget atau Dana

Yang pertama adalah menyiapkan budget atau dana. Tentu, dalam modifikasi apa pun itu, yang namanya budget atau biaya atau uang akan sangat diperlukan.

 

Hitung-hitungannya sendiri akan berbeda-beda, tetapi kami pernah bertanya pada perakit mobil bermesin motor, ia mengatakan bahwa untuk membuat mobil mini sederhana dengan mesin motor bebek, setidaknya budget yang dibutuhkan adalah sekitar 10 juta.

 

Mungkin biaya akan lebih murah atau mahal, tergantung bahan dan jasa yang nantinya kita gunakan.

 

2. Desain Rangka Dengan Baik

Proses selanjutnya adalah menyiapkan rangka mobil mini yang hendak kita buat. Sebaiknya, desain mobil mininya jangan terlalu mainstream seperti mobil pada umumnya.

 

Pasalnya, jika yang dipakai adalah mesin motor berkubikasi rendah, maka dikhawatirkan akan tidak sanggup menopang rangka dan bodinya.

 

Oleh karenanya, biasanya pembuat mobil bermesin motor mendesain rangka untuk mobil mini terbuka dan maksimal penumpang untuk 2 orang (beserta pengemudi).

 

Well, kita bisa buat rangka costume dengan bobot yang dianjurkan tidak terlalu berat, selain itu pastikan kita juga fikirkan beberapa objek lain dalam rangka yakni velg serta suspensi.

 

Velg dapat menggunakan copotan mobil yang ukurannya relatif kecil (misal velg berukuran 12 atau 13 inchi).

 

Lalu kita juga dapat gunakan suspensi mobil atau suspensi motor yang telah dimodifikasi. Selain itu, pastikan sistem stir dan kemudi juga didesain dengan baik, tidak perlu terlalu mewah, asal bisa berfungsi dengan baik.

 

3. Pilih Mesin Motor Yang Pas

Biasanya, mesin motor yang digunakan berasal dari mesin motor bebek. Tujuannya adalah untuk menghemat budget.

 

Tetapi, saat kami dulu sekolah, mobil gokart rakitan karya guru dan murid digarap menggunakan mesin dari Kawasaki Ninja 150 2 tak yang memang sudah teruji kualitasnya.

 

Jika kalian penasaran bagaimana cara menghubungkan putaran mesin dengan roda belakang, dari ingatan kami, bagian gear depan di mesin motor akan dihubungkan dengan gir kostum pada bagian as roda belakang.

 

Kedua gir tersebut kembali dihubungkan dengan menggunakan rantai. Cara ini memang cukup efektif, tetapi kekurangannya adalah mobil jadi tidak dapat mundur (kecuali kita menggunakan mesin motor yang ada transmisi balik atau mundurnya).

 

Well, jika kita tidak punya alat yang memadai seperti mesin las, bubut, potong besi dan lain sebagainya, ada baiknya melakukan perakitan mobil mini ini dilakukan di bengkel (bengkel motor, bengkel las, bengkel bubut, dll).

 

Simak video ini jika kalian berminat:

https://youtu.be/gTGgo-Qm15s


Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2


 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Bawah Artikel

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)