-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Alat Yang Digunakan Untuk Mengencangkan Dan Melepas Baut Pada Sambungan Pipa Adalah ???

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai alat yang digunakan untuk mengencangkan dan/ atau melepas baut pada sambungan pipa.

 

Banyak tools atau perkakas yang digunakan pada perbengkelan, mulai dari kunci pas, kunci ring, kunci inggris dan lain sebagainya.

 

Selain kunci secara umum, rupanya ada loh kunci yang diperuntukan secara khusus, misalnya adalah salah satu kunci yang akan kita bahas dalam artikel ini yakni kunci yang diperuntukan untuk mengencangkan dan melepas baut pada sambungan pipa.

 

Kira-kira kunci tersebut namanya apa ya?

 

Kunci Untuk Mengencangkan dan Melapas Baut Pada Sambungan Pipa

Sebenarnya, pada sambungan pipa ini biasanya yang ada adalah mur dan bukan baut, baut sendiri memiliki batang berulir, sedangkan mur ini tidak memiliki batang dan hanya ring hexagonal yang memiliki lubang berulir.

 

Baca JugaPerbedaan Baut dan Mur Beserta Jenis-Jenisnya

 

Adapun alat yang digunakan untuk mengencangkan dan melepas baut (mur) pada sambungan pipa adalah kunci nipel.

 

Kunci nipel memiliki nama lain yakni nipple wrench atau flare nut spanner atau dalam bahasa Indonesia, kunci nipel juga sering disebut sebagai kunci pipa.

 

Bentuk dari kunci nipel sendiri cukup khas yakni layaknya kunci ring yang bagian ujung mata kuncinya terbuka. Jadi sepintas kunci nipel ini merupakan perpaduan antara kunci ring dan kunci pas.

 

Alat Yang Digunakan Untuk Mengencangkan Dan Melepas Baut Pada Sambungan Pipa Adalah ???
Sumber: shopee.co.id

Tapi selain kunci nipel dengan bentuk di atas, ada juga kunci nipel atau kunci pipa yang ukuran mata kuncinya dapat diatur seperti gambar di bawah ini;

Alat Yang Digunakan Untuk Mengencangkan Dan Melepas Baut Pada Sambungan Pipa Adalah ???
Sumber: tokopedia.com

 

Fungsi Kunci Nipel

Kunci nipel ini hanya memiliki satu fungsi yang terfokus yakni mengencangkan atau mengendurkan mur dengan bentuk heksagonal yang ada pada bagian tengah besi atau bagian tengah pipa.

 

Dalam sepeda motor sendiri, kunci ini biasanya akan digunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan mur yang ada pada bagian stelan kabel kopling (untuk motor dengan jenis kopling manual).

 

Tetapi karena mur pada stelan kabel kopling memiliki torsi yang rendah, maka tak jarang kunci yang digunakan pada stelan kabel kopling hanya kunci pas biasa.

 

Hal tersebut berbeda dengan beberapa komponen pada mobil yang terkadang ada mur yang torsinya cukup keras sehingga harus menggunakan kunci yang lebih presisi sehingga meminimalisir terjadinya slek atau dol pada mur.

 

Nah alasan mengapa kunci nipel ini memiliki mata kunci yang mengaga adalah agar mata kuncinya dapat dengan mudah masuk ke bagian pengunci (mur) yang ada pada bagian tengah pipa.

 

Jika kita hanya menggunakan kunci ring biasa atau menggunakan kunci sock, maka tentunya membuka atau mengencangkan mur pada bagian tengah pipa akan sulit karena kunci tidak dapat masuk dengan bebas pada mur.

 

Sedangkan alasan lain mengapa bentuk mata kuncinya berbentuk seperti mata kunci dari kunci ring adalah agar kunci nipel ini dapat lebih unggul dalam segi menggenggam mur bila dibandingkan dengan kunci pas biasa.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel