-->



★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

3 Penyebab Laher Roda Cepat Rusak

3 Penyebab Laher Roda Cepat Rusak
Sumber: tokopedia.com

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dari laher roda yang cepat rusak.

 

Laher atau bearing merupakan bantalan yang terbuat dari besi.bearing atau laher ini biasanya menjadi penyekat dan juga penghubung antara komponen yang berputar dan tidak berputar.

 

Sebut saja seperti pada bagian roda mobil atau motor, biasanya laher pada roda motor akan mengubungkan bagian roda yang berputar serta boshing yang tidak berputar.

 

Karena sifat dari bearing atau laher ini salah satunya adalah untuk meredam, maka kadang lahe rini mengalami kerusakan.

 

Kerusakan tersebut salah satu indikasinya adalah oblak atau bahkan laher yang mengalami pecah pada bantalan atau pelornya.

 

Nah untuk kalian yang sering mengalami kerusakan pada laher roda, kira-kira apa ya penyebab dari laher roda yang cepat rusak?

1. Sering Menerjang Lubang atau Jalanan Yang Tidak Rata

Yang pertama adalah karena sering menerjang lubang atau jalanan yang tidak rata dengan kecepatan tinggi.

 

Meski kendaraan bermotor sekarang sudah mengaplikasikan shockbreaker atau peredam kejut berbentuk suspensi, namun bukan berarti menerjang jalanan yang tidak rata dengan kecepatan sedang hingga tinggi tidak memberikan resiko.

 

Selain berakibat kecelakaan, menerjang lubang dengan kecepatan tinggi juga dapat menyebabkan laher atau bearing roda jadi cepat rusak.

 

Oleh karenanya usahakan memacu motor atau mobil dalam keadaan selembut mungkin ketika melewati jalanan berlubang atau tidak rata.

 

2. Kualitas Laher Tidak Bagus

Penyebab lain dari cepat rusaknya laher roda adalah karena kualitas laher pengganti yang tidak bagus.

 

Sekedar informasi saja, banyak beredar laher murah meriah yang tidak memiliki kualitas bagus. Oleh karenanya jangan heran jika kita gunakan laher yang murahan, maka usia pakainya juga pendek dan menyebabkan laher jadi cepat rusak.

 

Usahakan gunakan laher dengan brand yang sesuai dengan bawaannya, minimal menggunakan laher dari brand ternama agar terhindar dari laher yang cepat rusak.

 

3. Pemasangan Laher Yang Tidak Benar

Mulai dari pemasangan dengan cara dipukul-pukul secara sporadis, atau memasang laher tanpa boshing atau penahan, dua contoh tersebut dapat jadi alasan kenapa laher jadi cepat rusak.

 

Usahakan pasangkan laher dengan benar, pasangkan juga boshingnya dengan benar (ukuran boshing harus sesuai atau pas dengan lingkar kecil dari laher).

 

Banyak kasus laher roda cepat oblak atau pecah karena boshing tidak dipasang atau boshing berukuran terlalu besar sehingga menghambat putaran dari laher.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel