-->

Review Pemakaian Aki Yuasa YTZ4V, Awet Hingga 6 Tahun !!!

Review Pemakaian Aki Yuasa YTZ4V, Awet Hingga 6 Tahun !!!


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kami akan membagikan impresi atau review kami dalam menggunakan baterai atau aki Yuasa.

 

Aki atau accu merupakan salah satu komponen yang penting untuk motor-motor kekinian, bayangkan saja sob, sekarang hampir semua motor produksi massal di Indonesia banyak menerapkan sensor dan lain hal yang membutuhkan daya listrik.

 

Daya listrik memang tidak harus berasal dari baterai atau aki, tetapi untuk motor produksi massal dan untuk penggunaan harian, aki masih jadi pilihan utama dalam sumber listrik  sepeda motor.

 

Baca JugaUnboxing dan Review Pembelian Aki Kering Murah Yuasa YTZ4V, Apa Saja Yang Didapat ???


Nah dalam kesempatan kali ini, kami akan coba membagikan pengalaman kami setelah menggunakan aki bawaan dari Yamaha Byson yakni aki Yuasa YTZ4V.

 

Spesifikasi Aki Yuasa YTZ4V

Aki Yuasa yang satu ini cukup banyak digunakan oleh motor-motor naked dari Yamaha, salah satunya adalah Byson dan Vixion.

 

Aki dengan tipe YTZ4V sendiri bentuknya cukup kecil, tetapi keawetan dan performanya cukup dapat diandalkan.

 

Nah untuk spesifikasinya, Yuasa YTZ4V memiliki spesifikasi sebagai berikut:

 

Spesifikasi Yuasa YTZ4V

Tipe

YTZ4V

Jenis

MF/ Kering

Voltase

12 V

Kapasitas real

3 Ah

Panjang

114 mm

Lebar

71 mm

Tinggi

86 mm

 

Kesan Penggunakan Aki Yuasa YTZ4V

Aki Yuasa YTZ4V ini sudah hampir 7 tahun ada di Yamaha Byson karbu kami. Nah Byson kami sendiri merupakan Byson karbu lansiran tahun 2014.

 

Dimana pada pada awal 2020 kemarin, Yamaha Byson kami baru mengalami yang namanya kelistrikan drop.

 

Setelah dilakukan pengecasan ulang, aki masih sanggup bertahan hingga Januari 2021 atau selama 1 tahun, dan kemarin-kemarin kami melakukan charger kembali dan mungkin ini jadi charger terakhir, sebab ke depannya kami akan beli aki baru dari Yuasa dengan tipe yang sama.

 

Nah yang menarik di sini adalah dimana aki yang satu ini terbilang awet, jadi kalian jangan takut aki ini abal-abal selama motor kalian memang menggunakan aki dengan spek yang sama serta penggunaan aki yang sesuai kewajaran.

 

Adapun sebenarnya motor kami selama pandemi ini sangat jarang keluar rumah atau jarang dipakai dan hanya sesekali dipanaskan.

 

Mungkin dalam satu bulan kami hanya keluar rumah dengan menggunakan motor sebanyak 4 kali.

 

Harusnya memang aki ini ketika tidak dipakai lebih baik dicopot dari motor, untuk menghindari terjadinya drop atau penggunaan daya secara mubazir.

 

Namun karena kami malas bongkar pasang dan berjaga-jaga jika ada kebutuhan mendesak, maka kami tetap biarkan aki pada motor dengan kerugian daya dari aki akan terus berkurang.

 

Nah sebagai tips nih, jika kalian hendak membeli aki dengan jenis kering seperti Yuasa YTZ4V, sebaiknya beli aki yang diaktifkan saat kita membelinya dan bukan aki yang diaktifkan dari pabrik.

 

Sebab jika kita beli aki yang sudah diaktifkan dari pabrik, maka kemungkinan aki tersebut sudah berkurang dayanya walaupun hanya sedikit.

 

Untuk kalian yang ingin tonton videonya, silahkan simak di bawah ini:




Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x