-->

Efek Oli Motor Matic Kebanyakan, Ini Loh Sob Jawabannya

Efek Oli Motor Matic Kebanyakan, Ini Loh Sob Jawabannya
Sumber: astra-honda.com

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai efek oli motor matic kebanyakan.

 

Motor matic atau automatic adalah salah satu jenis motor yang menggunakan transmisi berjenis otomatis (menggunakan CVT).

 

Nah motor matic ini sangat menjamur di Indonesia untuk sekarang ini, bahkan saking populernya motor metik, beberapa segmen motor lain seperti motor bebek dan motor naked kini tengah redup kiprahnya di Indonesia.

 

Bicara soal motor matic atau metik di Indonesia, pada tahun 2000-an, kami masih ingat Yamaha Mio jadi pionir motor metik di Indonesia.

 

Kala itu masih sangat banyak orang yang ogah-ogahan dalam menggunakan motor metik karena kurang gagah dan motor matic identik dengan wanita.

 

Tapi sejak tahun 2015-an, sudah mulai banyak orang yang mau menggunakan motor matic dan meninggalkan motor-motor dengan jenis lain seperti bebek dan naked.

 

Alasan banyak yang hijrah ke motor matic adalah karena lebih simpel dan dinamis saat digunakan di jalanan perkotaan yang macet.

 

Nah bicara-bicara, kita kembali pada topik utama dalam artikel ini yakni mengenai efek oli motor matic kebanyakan.

 

Jika oli pada motor matic kebanyakan, maka efeknya adalah laju dari motor metik jadi sedikit lebih berat, selain itu, suara mesin jadi sedikit lebih senyap.

 

Tetapi, hal tersebut tergantung dari seberapa banyak oli yang berlebihan tersebut dimasukan pada area mesin.

 

Sebagai contoh, biasanya motor matic diisi dengan oli sebanyak 0.8 liter, dan kadang ada yang mengisi dengan oli sebanyak 1 liter.

 

Dalam kasus ini, selain laju motor jadi terhambat dan suara mesin jadi senyap, menggunakan oli sebanyak 1 liter pada mesin bertakaran oli 0.8 liter merupakan suatu hal yang mubazir atau sia-sia.

 

Sebab harga dari oli bertakaran 1 liter relatif lebih mahal dari oli bertakaran 0.8 liter, selain itu, pada beberapa motor, oli yang kebanyakan akan dibuang ke area filter udara melalui lubang hawa.

 

So, secara dampak negatif sebenarnya tidak akan separah saat motor kekurangan takaran oli, tetapi mengisi oli mesin terlalu banyak juga tidak baik sebab merupakan tindakan yang mubazir.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x