-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Cara Memperbaiki Starter Motor Beat Karbu


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara memperbaiki starter motor Beat Karbu.

 

Beat karbu merupakan generasi pertama dari Beat series yang dipasarkan oleh pabrikan Astra Honda Motor atau AHM.

 

Beat karbu sendiri sekarang sudah tidak diproduksi, karena eksistensinya sudah digantikan oleh Beat dengan jenis fuel injection atau Beat injeksi.

 

Adapun karena Beat karbu ini tergolong motor yang sudah tua, maka jangan heran jika Beat karbu kini sudah mulai banyak “penyakit” atau kerusakannya.

 

Salah satu kerusakan yang biasa terjadi pada motor tua adalah starter yang rusak atau sudah tidak berfungsi.

 

Nah jika Beat karbu kalian sudah tidak berfungsi straternya, berikut kami akan bahas mengenai cara memperbaiki starter motor Beat karbu. Tapi pertama-tama, siapkan beberapa peralatan seperti:

1. Obeng min dan obeng plus.

2. Kunci ring 10 dan 8 mm.

3. Tang.

4. dan alat pendukung lain.

 

1. Periksa Aki

Yang pertama adalah kita harus memeriksa aki. Aki atau accu jadi sumber daya utama dalam menghidupkan sistem starter otomatis pada motor.

 

Untuk memeriksa aki, kita butuh alat bernama voltmeter, atau avometer, atau multi tester. Kita periksa tegangan dari aki dengan alat yang sudah kami sebutkan. Idealnya, saat mesin Beat dalam kondisi mati, maka tegangan aki adalah sebesar 12 Volt, sedangkan saat mesin menyala, maka tegangannya harus sekitar 14 Volt.

 

Baca JugaFungsi Voltmeter

 

Adapun jika kita tidak memiliki alat-alat yang sudah kami sebutkan di atas, maka alternatif pengecekannya adalah dengan mengamati sistem kelistrikan lain seperti klakson dan lampu-lampu.

 

Jadi jika mesin dalam keadaan mati dan kita nyalakan kunci kontak, periksa apakah suara klakson masih nyaring atau lampu depan masih terang?

 

Selain itu, kita juga dapat periksa aki saat menstarter motor, jika hanya mengeluarkan bunyi kreekkkkk dan mesin tidak menyala lalu lampu-lampu redup secara signifikan, maka dapat diduga bahwa aki sudah lemah.

 

Solusinya adalah dapat dengan cara dicas atau lebih baik ganti baru saja akinya agar lebih optimal dan lebih segar.

 

2. Periksa Tombol Starter

Jika kita sering membuka area saklar kanan atau area starter, tidak ada salahnya untuk mengecek bagian saklar.

 

Opsi ini kita lakukan apabila aki yang kita miliki masih bagus dan prima. Tanda dari tombol starter yang rusak adalah tidak ada respon sama sekali saat tombol starter ditekan.

 

Jadi jika aki masih bagus, tidak ada salahnya untuk mengecek terlebih dahulu bagian saklar atau tombol starter.

 

Siapa tahu, penyakit dari starter Beat karbu yang tidak mau menyala ada pada bagian tombol starter yang kotor atau berkarat.

 

Kita dapat bersihkan tombol starter dengan menggunakan WD, pembersih Karbon, pembersih karat, tiner, bensin, dan lain sebagainya.

 

3. Periksa Bendik Starter

Cara Memperbaiki Starter Motor Beat Karbu
Sumber: tokopedia.com

 Opsi perbaikan selanjutnya jika aki masih bagus dan tombol starter sudah dibersihkan adalah menuju bendik.

 

Bendik atau relay starter ini menjadi salah satu penyebab starter motor yang mengalami kerusakan.

 

Ketika bedik rusak, maka biasanya starter motor akan berbunyi cetek-cetek atau tek-tek dengan nada yang pendek.

 

Adapun untuk mengcek kondisi bendik starter, kita dapat gunakan multi tester, dimana kita gunakan multi tester pada mode ohm atau hambatan.

 

Jika saat dicek ternyata bendik starter sudah tidak memiliki hambatan, maka bendik dipastikan sudah harus diganti.

 

Selain itu, kita juga dapat cek kondisi bendik starter dengan cara lain yakni dengan cara dikorsletkan atau dengan cara dibuat short kutub positif dan negatifnya.

 

Jika saat dikorsletkan ternyata starter motor menyala dan mesin hidup, maka sudah dapat dipastikan bahwa bendik harus diganti.

 

4. Dinamo Starter

Cara Memperbaiki Starter Motor Beat Karbu
Sumber: bukalapak.com

Opsi selanjutnya ketika aki masih bagus, lalu tombol starter masih berfungsi, dan bendik starter masih bagus (setidaknya ketika dikorsletkan, mesin tidak menyala), maka terduga selanjutnya adalah dinamo starter).

 

Dinamo starter ini biasa mengalami kerusakaan pada bagian arang atau kul starternya. Untuk mengatasinya adalah dengan cara ganti dinamo starter atau ganti arang/ kulnya saja.

 

Ketika dinamo starter rusak, maka biasanya starter tidak merespon dan kadang ada suara krekk di area dinamo starter.

 

5. Periksa Perkabelan

Opsi terakhir dari perbaikan sistem starter Beat karbu adalah dengan memeriksa bagian perkabelan di area tombol starter, area aki, area bendik, dan area dinamo starter.

 

Kabel sendiri memang jarang mengalami masalah, tetapi opsi perbaikan ini boleh dilakukan apabila semua langkah di atas sudah dicek dan ternyata tidak ada kendala.

 

Selain itu, jika motor habis terjatuh, hingga pernah jadi sarang tikus, maka perkabelan ini memang harus diperiksa untuk jaga-jaga siapa tahu ada kabel yang putus maupun tertekuk dan tejepit.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel