-->

Ukuran Roller Beat Karbu Biar Kenceng, Ternyata Segini Toh !!!

Ukuran Roller Beat Karbu Biar Kenceng


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran roller Beat karbu biar kenceng.

 

Beat karbu merupakan salah satu motor metik dari Astra Honda Motor (AHM) yang untuk sekarang sendiri sudah tidak dipasarkan lagi karena Beat karbu sudah digantikan oleh generasi penerusnya yakni Beat Fi atau Beat injeksi.

 

Honda Beat karbu sendiri menjadi awal mula keberhasilan motor metik entry level dari Honda setelah berhasil melengserkan tahta dari Yamaha Mio yang sebelumnya sempat jadi raja untuk penjualan motor metik entry level di Indonesia.

 

Bicara soal roller, komponen yang satu ini letaknya ada pada bagian dalam CVT. Roller sendiri setidaknya sanggup bertahan hingga masa pakai 20.000 Km hingga 25.000 Km.

 

Tetapi meski belum aus atau rusak, banyak user yang mengganti roller dari motor metik mereka untuk keperluan penyesuaian karakter dari motor metiknya.

 

Acuan Mengubah Ukuran Roller Motor Metik

Dalam mengubah ukuran roller motor metik, maka ada acuan yang biasanya jadi pertimbangan, yang mana acuan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Gunakan roller yang lebih ringan dari berat roller standar untuk mengejar akselerasi (lebih enteng di putaran bawah atau buat tanjakan).

2. Gunakan roller yang lebih berat dari berat roller standar untuk mengejar top speed (lebih maksimal di putaran atas atau memiliki nafas panjang).

 

Jadi berdasarkan acuan di atas, maka setidaknya kita harus terlebih dahulu mengetahui ukuran roller standar dari Honda Beat Karbu.

 

Ukuran Roller Standar Beat Karbu

Roller biasanya diukur berdasarkan satuan berat yakni gram, adapun berat dari roller standar Beat karbu adalah seberat 12 gram.

 

Ukuran Roller Beat Karbu Biar Kenceng

Nah ketika kita sudah mengetahui ukuran standar dari roller Beat karbu, maka selanjutnya adalah kita tinggal putuskan, Beat karbu kita ingin kenceng di putaran bawah atau di putaran atas?

 

Jika tujuannya adalah kenceng dalam hal akselerasi, maka kita dapat ganti ukuran roller ke ukuran yang lebih ringan dari ukuran 12 gram, misal kita gunakan roller seberat 10 gram.

 

Sedangkan jika ingin Beat karbu lebih garang pada sisi top speed dalam artian ingin nafas Beat karbu jadi lebih panjang, maka kita tinggal gunakan roller yang lebih berat misal berukuran 15 gram.

 

Ganti roller secara menyeluruh dan jangan diseling untuk menghindari keausan secara signifikan.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x