-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ukuran Gear Untuk Top Speed CB150R, Pakai Hitungan Ini !!!

Ukuran Gear Untuk Top Speed CB150R, Pakai Hitungan Ini !!!
Sumber: astra-honda.com

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran gear untuk top speed CB150R.

 

CB150R merupakan motor dari pabrikan Astra Honda Motor (AHM) yang sejauh ini sudah memasuki 2 generasi yakni generasi pertama (old) dan generasi kedua (facelift).

 

CB150R sendiri merupakan motor sport naked dengan kubikasi mesin sebesar 150 cc atau lebih tepatnya adalah sebesar 149.16 cc. Mesin yang digunakan pun merupakan mesin 4 langkah DOHC 4 katup berpendingin cairan dengan kipas otomatis.

 

Soal performa, daya terbaik dari CB150R Facelift adalah sebesar 12.4 kW (16.9 PS) pada putaran  9,000 rpm sedangkan torsi terbaiknya adalah sebesar 13.8 Nm (1.41 kgf.m) pada putaran 7,000 rpm.

 

Bicara soal ukuran gear untuk top speed, sebenarnya pembahasannya akan cukup seru. Oleh karena itu, simak baik-baik beberapa sub bab di bawah ini.

 

Acuan Mengubah Ukuran Gear Set

Dalam mengubah ukuran gear motor termasuk untuk urusan top speed, maka akan ada satu acuan yang sering dipegang. Acuan tersebut sendiri tidak terlepas dari aspek ukuran gear standar dari motor kesayangan kita.

 

Adapun acuan yang tengah kita bicarakan adalah:

1. Turunkan angka rasio final gear dari angka rasio final gear standar untuk meningkatkan top speed atau meningkatkan performa di putaran menengah ke atas.

2. Naikan angka rasio final gear dari angka rasio final gear standar untuk meningkatkan akselerasi atau meningkatkan performa di putaran bawah ke menengah.

 

Nah dari acuan di atas, setidaknya kita harus tahu terlebih dahulu ukuran gear standar atau ukuran final gear standar motor kesayangan kita (final gear adalah gear depan dan gear belakang yang biasa kita jumpai pada motor dan bukan gear pada transmisi mesin sepeda motor).

 

Ukuran Gear Standar CB150R

CB150R seperti yang sudah kita singgung sebelumnya memiliki dua varian setidaknya hingga artikel ini diturunkan.

 

Dua varian tersebut rupanya juga memiliki ukuran gear yang berbeda-beda. Adapun ukuran gear standar dari CB150R adalah sebagai berikut:

 

Tipe

Ukuran Gear

CB150R OLD (V1)

428-15/45

CB150R FACELIFT (V2)

428-15/46

 

Maksud dari 428 adalah ketebalan dari gear, sedangkan maksud dari angka 15 adalah ukuran gear depan. Dan ukuran 45 serta 46 merupakan ukuran gear belakang.

 

Adapun jika gear berukuran 15, maka gear tersebut memiliki 15 mata atau gigi dalam satu lingkarnya. Pun begitu jika ada gear dengan ukuran 45 atau 46, artinya gear tersebut memiliki 45 atau 46 mata dalam satu lingkarnya.

 

Cara Menghitung Final Gear Ratio

Untuk mencari komposisi ukuran gear yang ideal, maka kita harus melakukan pengukuran pada final gear ratio atau bahasa mudahnya adalah hasil pembagian dari gear belakang dan gear depan.

 

Kita kembali pegang acuan dalam mengubah gear, dimana semakin kecil rasio final gear, maka akan semakin membuat motor memiliki nafas panjang dan lebih optimal dalam mengejar top speed. Tetapi menurunkan rasio final gear akan membuat putaran bawah jadi sedikit lebih loyo.

 

Adapun cara menghitung final gear ratio adalah sebagai berikut:

  • Ukuran gear belakang : ukuran gear depan
  • CB150R OLD => 45 : 15 = 3
  • CB150R FACELIFT =>  46 : 15 = 3.06

 

Jadi dari hasil perhitungan di atas, maka CB150R old memiliki final gear ratio sebesar 3, sedangkan CB150R Facelift memiliki final gear ratio sebesar 3.06.

 

Ukuran Gear Untuk Top Speed CB150R

Setelah kita mengetahui ukuran final gear ratio dari Honda CB150R, maka tahap selanjutnya adalah menurunkan angka final gear ratio tersebut.

 

Sebagai opsi, kita dapat gunakan acuan 1 banding 3, yakni kita tinggal turunkan tiga mata gear bagian belakang.

 

Jadi begini:

  • CB150R OLD => 42 : 15 = 2.8
  • CB150R FACELIFT => 43 : 15 = 2.86

 

Dari hasil hitungan di atas, kita bisa tahu bahwa dengan menurunkan tiga angka pada ukuran gear belakang pada Honda CB150R dapat menurungkan angka final gear ratio.

 

Angka 2.8 dan 2.86 sendiri lebih kecil bila dibandingkan angka 3 dan 3.06. Oleh sebab itu, ukuran gear 15/42 untuk CB150R old dan ukuran gear 15/43 untuk CB150R Facelift cocok untuk mengejar top speed.

 

Nah sekedar saran, untuk kalian yang hendak mengubah ukuran gear, ada baiknya lakukan perubahan secara 1 set meliputi gear depan, gear belakang, serta rantainya. Hal tersebut bertujuan guna meminimalisir terjadinya ketidak singkronan antara gear dan rantai.

 

Kesimpulan

Jadi ukuran gear untuk top speed CB150R adalah dapat menerapkan gear depan berukuran 15 dan gear belakang berukuran 42 atau 43.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript