-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Penyebab Lampu Belakang Mati tapi Lampu Rem Nyala Pada Motor


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab lampu belakang mati tetapi lampu rem nyala pada motor.

 

Lampu belakang yang tengah kita maksud adalah lampu berwarna merah yang standby, sedangkan lampu rem adalah lampu belakang yang menyala lebih terang saat tuas rem ditarik atau ditekan.

 

Penyebab Lampu Belakang Mati tapi Lampu Rem Nyala Pada Motor

Lampu belakang dan lampu rem pada beberapa motor terletak pada satu wadah dan menggunakan satu lampu.

 

Jadi sebenarnya yang tengah kita bahas ini merupakan 1 lampu yang punya 2 fungsi yakni sebagai lampu belakang yang standby serta untuk lampu rem yang menandakan tuas rem tengah ditarik atau ditekan.

 

Salah satu penyakit pada lampu belakang sepeda motor adalah lampu standby-nya yang mati atau mungkin lampu remnya yang mati.

 

Nah ngomong-ngomong, apa ya penyebab lampu belakang yang mati tetapi lampu rem menyala pada motor?

 

Dari apa yang pernah kami alami, penyebab dari lampu belakang yang mati tetapi lampu rem menyala adalah karena lampu mengalami kerusakan baik itu karena terbakar atau kawat hologen yang putus.

 

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya bahwa lampu belakang pada sepeda motor memiliki 2 fungsi yakni sebagai lampu yang standby dan lampu rem yang menyala lebih terang saat tuas rem ditarik atau ditekan.

 

Karena lampu yang berjaga atau standby selalu menyala saat motor dalam keadaan hidup, maka besar kemungkinan lampu akan lebih mudah panas dan terbakar pada bagian kawatnya (atau terbakar pada bagian panel LED-nya) terlebih untuk lampu belakang yang masih menggunakan jenis lampu bohlam atau helogen.

 

Cara mengatasi hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah dengan mengganti lampu belakangnya ke lampu belakang baru yang original atau yang aftermarket tetapi dengan kualitas yang lebih baik.

 

Saran kami, jika tidak ingin lampu belakang cepat mati, maka jangan membuat ubahan pada kelistrikan motor seperti menambah lampu, mencabut lampu, mengganti klakson atau lain hal yang dapat menyebabkan kelistrikan motor jadi terganggu.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript