-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Nomor BPKB Sebelah Mana ??? Begini Cara Cek Nomor BPKB !!!


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai nomor BPKB dan bagaimana cara mengeceknya.

 

BPKB merupakan singkatan dari Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. BPKB sendiri wajib dimiliki kendaraan bermotor di Indonesia sebagai salah satu bukti bahwa kendaraan bermotor yang kita miliki legal dan terdaftar secara administrasi di Indonesia.

 

Salah satu Undang-Undang yang menyatakan tentang wajibnya kendaraan bermotor dilengkapi dengan BPKB adalah Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 65 ayat 2 yang berbunyi seperti berikut:

Sebagai bukti bahwa Kendaraan Bermotor telah diregistrasi, pemilik diberi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor, Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.

 

Nah BPKB yang merupakan salah satu bukti penting mengenai status kelegalan dan kepemilikan kendaraan bermotor harus disimpan baik-baik dan tiap lima tahun sekali harus dilampirkan kopiannya dengan membawa BPKB aslinya untuk keperluan cek fisik serta ganti pelat nomor.

 

BPKB sendiri memiliki nomor yang mana nomor tersebut akan berbeda dengan nomor BPKB lain (nomor yang unik dan ekslusif).

 

Pada tiap kita ganti pelat nomor, mutasi nama, hingga menjaminkan BPKB kita untuk pinjaman uang, maka kita harus mengisi formulir yang isinya adalah tentang nomor BPKB yang kita miliki.

 

Lalu, dimana sih nomor BPKB itu???

 

Letak Nomor BPKB

Nomor BPKB dapat kita jumpai di halaman “Identitas Pemilik” tepatnya pada bagian pojok kanan atas (pada BPKB kami terdapat pada halaman nomor 2) yang mana terlampir pada gambar di bawah ini:

Nomor BPKB Sebelah Mana ??? Begini Cara Cek Nomor BPKB !!!


Nomor BPKB ini akan berbeda-beda dengan BPKB lain, oleh sebab itu pastikan kita mengisi baik-baik nomor BPKB pada formulir apabila kita hendak mengisi nomor BPKB pada formulir.

 

Cara Lain Mengecek Nomor BPKB

Selain melihat nomor BPKB di BPKB itu sendiri, rupanya nomor BPKB juga dapat kita temui pada surat lain yakni pada STNK.

 

Yups karena BPKB dan STNK merupakan satu paket, maka nomor BPKB akan tertera pada STNK.

 

STNK memiliki dua lembar atau dua sisi dan pada kedua lembar tersebut sama-sama tertera nomor BPKB.

 

Adapun cara mengecek nomor BPKB pada STNK cukuplah mudah. Kita hanya tinggal mencari tulisan “No. BPKB” atau “Nomor BPKB”.

 

Singkatnya silahkan simak gambar di bawah ini:

Nomor BPKB Sebelah Mana ??? Begini Cara Cek Nomor BPKB !!!


Bagaimana ??? sudah jelas ??? Kami akhiri artikel ini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript