-->
★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Kenapa Motor Full Fairing Tidak Ada Standar Tengah ??


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai kenapa motor full fairing tidak ada standar tengahnya.

 

Sob, siapa sih yang tidak mengenal motor dengan genre full fairing seperti Kawasaki Ninja 250 Fi, CBR 150R, Yamaha R15, Suzuki GSX R150, dan sejenisnya.

 

Motor dengan jenis full fairing sendiri memiliki ciri khas yakni memiliki balutan bodi yang cukup mayor yakni menutupi hampir seluruh mesin. Teruntuk motor full fairing yang dilombakan dalam road race, biasanya motornya akan benar-benar menutup hingg alebih dari 80% bagian mesin.

 

Nah jarang diketahui nih, kenapa ya motor full fairing itu tidak ada standar tengahnya? Usut punya usut, memang tidak semua orang “ngeuh” jika motor full fairing tidak ada standar tengahnya.

 

Sebab standar tengah sendiri letaknya ada di bagian bawah motor yang cukup sukar termonitor oleh orang yang bukan pemilik motornya.

 

Lalu apa kira-kira alasan yang menyababkan motor full fairing tidak ada standar tengahnya?

 

Alasan Motor Full Fairing Tidak Ada Standar Tengah

Standar tengah atau standar samping tidak dimilik oleh motor full fairing karena alasan estetika tampilan serta alasan fungsional.

 

Secara tampilan, motor dengan jenis full fairing akan sedikit “aneh” jika dibekali dengan standar tengah.

 

Standar tengah sendiri merupakan fitur yang tidak semua motor memilikinya sebab ada motor yang memang mengejar “look” atau tampilan.

 

Selain itu, standar tengah juga dipandang kurang berfungsi bagi motor full fairing yang didesain untuk keperluan menikung hingga untuk keperluan kecepatan.

 

Standar tengah sendiri memiliki ukuran yang cukup menjorok ke kiri hingga dapat riskan tersangkut jika tengah menikung dengan sudut yang cukup ekstreme.

 

Selain itu, bobot dari standar tengah bisa mencapai 2 kilogram, sebab standar tengah ini terbuat dari besi yang cukup solid.

 

Bobot dua kilogram pada motor tentunya akan cukup berpengaruh untuk hal kecepatan ataupun akselerasi (semakin ringan suatu motor, maka akselerasinya semakin bagus).

 

Tidak Pakai Standar Tengah, Tapi Pakai Paddock

Kenapa Motor Full Fairing Tidak Ada Standar Tengah ??
Sumber: shopee.co.id

Nah meski tidak dibekali dengan standar tengah, bukan berarti motor full fairing jadi tidak dapat diservice hingga tidak dapat ganti ban.

 

Sebab motor full fairing sendiri butuh “standar” khusus yang diberi nama paddock. Alat yang satu ini merupakan alat bantu berjenis aftermarket yang tidak akan kalian dapatkan langsung dari pembelian motor sport full fairing (meski tidak selamanya begitu).

 

Paddock sendiri disanggahkan pada arm *ada paddock dengan jenis L serta paddock dengan jenis y. fungsi dari paddock sendiri adalah untuk mengangkat ban sehingga motor jadi dapat berdiri dengan stabil dan imbang.

 

Harga dari paddock ini pun bermacam-macam tergantung bahan baku serta model atau jenisnya.

 

Tetapi setidaknya kalian dapat mendapatkan paddock mulai dari harga 100 ribuan.

 

Bukan Hanya Motor Full Fairing, Motor Jenis Ini Juga Gak Ada Standar Tengahnya

Well, bukan hanya motor full fairing yang punya keistimewaan tidak memiliki standar tengah. Motor lain pun tercatat ada yang tidak disisipi dengan standar tengah.

 

Motor-motor tersebut diantaranya adalah motor dengan jenis trail seperti KLX 150 hingga motor naked seperti MT25.

 

Sekedar informasi saja, untuk motor gede yang cc-nya besar, pasti pabrikan tidak menyematkan standar tengah, sebab untuk menggunakan standar tengah pada motor dengan cc besar cukuplah sulit (terlalu berat nariknya).

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


x