-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★


4 Kelemahan RX Spesial, Perhatikan Baik-Baik Sebelum Membeli

4 Kelemahan RX Spesial, Perhatikan Baik-Baik Sebelum Membeli
Sumber: motorrxking.com

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai kelemahan dari RX Spesial.

 

RX Spesial atau RX Special merupakan salah satu motor batangan yang pernah dijual oleh Yamaha di Indonesia.

 

Dulu, RX Spesial dijual secara CBU atau dalam kata lain RX Spesial ini didatangkan langsung dari Jepang secara utuh.

 

Adapun RX Spesial ini memiliki desain yang cukup unik dan jadi pembeda dengan RX King. RX Spesial sendiri memiliki tameng atau kedok pada bagian depan (headlamp) dan hal inilah yang mudah dikenalai dari RX Spesial.

 

Nah, motor yang famornya “tertindih” oleh RX King ini pertama kali muncul sekitar tahun 1983 hingga 1988.

 

Meski sekarang sudah tidak dijual dan diproduksi lagi oleh Yamaha, tapi RX Spesial ini masih cukup banyak diburu oleh beberapa kalangan bikers.

 

Salah satu alasan diburunya RX Spesial ini adalah untuk keperluan modifikasi, balapan, hingga sekedar hobi mengenang masa lalu.

 

Well, buat kalian yang masih awam tentang motor ini dan berencana membeli RX Spesial, berikut kami paparkan beberapa kelemahan dari RX Spesial yang kami himpun dari beberapa sumber:

 

1. Bensin Boros

Meski sukar untuk mencari perbandingan konsumsi bahan bakar dengan jarak tempuh yang sanggup dilahap oleh RX Spesial, tetapi banyak bikers merasa bahwa RX Spesial dengan mesin 2 tak ini memiliki konsumsi bahan bakar yang boros.

 

Well, namanya juga motor dengan mesin 2 tak lah ya hehe. Sekedar infomasi saja, RX Spesial sendiri mengusung mesin 1 silinder berjenis 2 langkah atau 2 tak yang mana kubikasi mesinnya adalah sebesar 115 cc.

 

Dengan diameter 54 mm dan storke 50 mm, RX Spesial setidaknya sanggup mengeluarkan daya terbaiknya di angka 15.5 Ps pada putaran 8.500 Rpm, sedangkan torsi terbaiknya adalah sebesar 1.35 kg-m pada putaran 8.000 Rpm.

 

Baca JugaSpesifikasi RX Spesial, Motor “Leluhurnya” RX-KING !!!

 

2. Kampas Kopling Mudah Habis

Salah satu momok untuk motor 2 tak dan RX Series adalah kampas kopling yang mudah habis. Hal tersebut wajar, mengingat karakter mesin 2 tak ini sangat “powerful” pada putaran bawah.

 

Sehingga hentakan yang ditimbulkan pun cenderung lebih besar dan membuat kampas kopling mudah aus.

 

Untuk meminimalisir kelemahan ini, maka kita harus lebih lembuh dalam memindahkan transmisi serta memainkan kopling

 

3. Loyo Di Putaran Atas

Mesin dengan jenis 2 tak memang sangat garang di putaran bawah hingga menengah, tetapi untuk putaran atas, kami rasa mesin 2 tak ini mudah keteteran.

 

Oleh karenanya, cukup banyak testimoni yang menyebutkan RX Spesial ini keteteran di trek lurus nan panjang dengan motor sekaliber GL atau CB yang notabene menggunakan mesin dengan jenis 4 tak.

 

4. Perawatan Tidak Seperti Motor Muda dan Motor 4 Tak

RX Spesial terkategori sebagai motor yang sudah tua dan masih menggunakan mesin dengan jenis 2 langkah atau 2 tak.

 

Oleh karenanya, jika kalian ingin mencari motor hemat, mudah dirawat, serta jarang rewel, maka RX Spesial ini kami fikir bukan pilihan yang tepat.

 

RX Spesial sendiri butuh oli mesin serta oli sampaing yang kadang bagi users motor 4 tak tulen merupakan suatu kekurangan dan kelemahan.

 

Well, terlepas dari itu semua, RX Spesial ini memang memiliki beberapa kelebihan yang diantaranya adalah harga bekasnya yang cukup murah dan juga sperpart yang cenderung melimpah karena merupakan motor dari pabrikan Yamaha.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel