-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

3 Penyebab Lampu Motor Jauh dan Dekat Nyala Bersamaan

3 Penyebab Lampu Motor Jauh dan Dekat Nyala Bersamaan


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab lampu motor bagian jauh dan bagian dekatnya menyala secara bersamaan.

 

Wah, kasus yang langka tetapi rupanya tetap ada beberapa bikers yang mengalami hal seperti ini.

 

Yaps, kita bahas terlebih dahulu mengenai fungsi dari lampu jauh dan lampu dekat pada sepeda motor.

 

Biasanya, lampu jauh dan lampu dekat ini ada pada satu lampu atau dengan kata lain, lampu depan pada motor biasanya memiliki 2 fungsi yakni sebagai lampu dekat dan sebagai lampu jauh.

 

Tetapi pada beberapa motor kekinian atau motor terbaru, lampu jauh dan lampu dekat dipisahkan. Atau dalam kata lain, pada motor dengan keluaran terbaru, sudah menggunakan lampu dekat dan lampu jauh dengan menggunakan 2 lampu (1 lampu untuk lampu dekat dan 1 lampu untuk lampu jauh).

 

Lampu jauh dan dekat memiliki fungsi yang berbeda dan biasanya tiap motor hanya “mengizinkan” salah satu lampu menyala.

 

Lampu jauh berfungsi untuk menerangi jalan atau medan dengan intensitas jarak lebih jauh (bisa mencapai 60 meter lebih). Sedangkan lampu dekat cenderung memberikan pencahayaan yang relatif dekat (misal hanya 30 meteran).

 

Pada motor yang masih menggunakan lampu depan jenis bohlam, tentunya nyalanya lampu jauh dan dekat secara bersamaan dapat menyebabkan aki jadi tekor dan lampu jadi mudah putus atau mati.

 

So, apa sih penyebab lampu motor jauh dan dekat nyala bersamaan? Berikut kami coba paparkan beberapa penyebab lampu motor jauh dan dekat nyala bersamaan:

 

1. Saklar Lampu Jauh dan Dekat Rusak

Salah satu penyebab lampu jauh dan lampu dekat pada motor menyala secara bersamaan adalah karena saklar lampu depan yang rusak.

 

Kebanyakan motor menggunakan saklar lampu depan (jauh dan dekat) dengan model “jungkat-jungkit”. Saklar tersebut setidaknya dapat “error” apabila terjadi karat atau kotor karena debu yang menyebabkan fungsi dari saklar menjadi terganggu.

 

Jika motor kita masih standar dan tidak ada ubahan pada sektor lampu depan (misal memasang lampu alis, lampu projie dan lain sebagainya), maka besar kemungkinan saklar ini terjadi kerusakan.

 

2. Saklar Lampu Tembak atau Lampu Pass Rusak

Pada beberapa motor sport, ada satu tombol atau saklar tambahan yang dinamakan saklar lampu tembak atau lampu pass.

 

Saklar ini berfungsi untuk “menembakan” lampu jauh secara cepat (kadang disebut juga sebagai saklar dim).

 

Nah harusnya, saklar ini ketika ditekan akan menyalakan lampu jauh, tetapi begitu dilepas akan mematikan lampu jauh.

 

Pada beberapa kasus, saklar pass ini enggan kembali ke posisi off, sehingga membuat lampu jauh menyala padahal posisi saklar lampu berada pada posisi lampu dekat.

 

Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan membongkar saklar ini dan periksa per-nya.

 

3. Bawaan Pabrik

Penyebab ketiga dari menyalanya lampu jauh dan lampu dekat pada sepeda motor adalah karena alasan “bawaan pabrik”.

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa pada beberapa motor terkini, sudah mengaplikasikan lampu jauh dan lampu dekat dengan 2 lampu terpisah (tidak menggunakan 1 lampu dengan 2 fungsi).

 

Nah pada beberapa motor juga seperti Honda Sonic 150R, lampu dekat dan lampu jauh akan menyala secara bersamaan apabila posisi saklar lampu berada pada posisi lampu jauh.

 

Untuk kasus ini, kita tidak perlu melakukan perbaikan, sebab ini memang sudah sewajarnya. Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript