-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ukuran Gear Vixion Biar Kenceng, Begini Cara Hitungnya !!!


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai ukuran gear Vixion biar kenceng.

 

Vixion merupakan salah satu motor naked dari pabrikan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang dibekali dengan mesin berkubikasi 150 cc.

 

Yamaha Vixion sendiri sudah masuk ke beberapa generasi dan tiap generasi tersebut ada yang memiliki ukuran gear yang sama, serta ada pula yang tidak memiliki ukuran gear yang sama dengan generasi lainnya.

 

Vixion sendiri muncul pertama kali lewat Vixion yang memiliki headlamp berbentuk bulat, lalu muncul generasi keduanya yang memiliki headlamp sedikit lebih agresif.

 

Kemudian muncul generasi ketiganya yakni Vixion Lightning atau New Vixion Lightning, serta muncul juga generasi selanjutnya yakni New Vixion Advance atau NVA, dan seterusnya hingga kini muncul Vixion versi “bringasnya” yang dijejali dengan mesin R15 yang diberi nama Vixion R.

 

Nah back to the point, kita coba bahas lebih jauh mengenai ukuran gear Vixion biar kenceng.

 

Ukuran Gear Standar Vixion

Vixion sendiri memiliki ukuran gear standar yang berbeda-beda. Oh iya gear yang kita maksud adalah final gear yakni gear yang ada di bagian as mesin (gear depan) serta gear yang ada di bagian velg belakang (gear belakang).

 

Adapun ukurna gear untuk Vixion lama generasi pertama dan generasi kedua adalah berukuran 14 mata untuk gear depan, sedangkan gear belakangnya berukuran 42 mata.

 

Lalu untuk Vixion Lightning ke atas, ukuran gearnya adalah 14 mata untuk gear bagian depan, dan 43 mata untuk gear begian belakang.

 

Mengingat Vixion ini terus dikembangkan, mungkin versi Vixion teranyar memiliki komposisi ukuran gear yang berbeda, tetapi kurang lebih yang kami sebutkan di atas merupakan ukuran dari gear standar Vixion.

 

Ukuran Gear Vixion Biar Kenceng

Ukuran Gear Vixion Biar Kenceng, Begini Cara Hitungnya !!!

Agar Vixion menjadi kenceng, sebenarnya masih sangat banyak caranya. Jadi mengganti rasio gear ini hanya salah satu cara dan tidak mutlak jadi penentu utama dari kecepatan dari Vixion.

 

Adapun untuk membuat Vixion menjadi lebih kenceng atau kencang, maka akan ada satu hal yang dikorbankan.

 

Hal tersebut adalah tenaga di puataran bawah yang berkurang atau dalam bahasa lain adalah jika rasio gear diatur untuk kebutuhan kenceng (top speed), maka motor Vixion akan lebih loyo jika diajak ke tanjakan.

 

Mengapa demikian? ya karena itu sudah permainan dari mengubah rasio gear set. Jadi jika ingin galak di tanjakan, maka top speed akan berkurang, lalu jika ingin lebih galak di top speed, maka akselerasi ditanjakan jadi berkurang.

 

Nah untuk kalian yang ingin Vixion-nya jadi lebih kenceng hanya dengan mengubah gear, maka ganti gear belakangnya ke ukuran 40 mata.

 

Baik itu Vixion yang pakai gear belakang berukuran 42 maupun Vixion dengan gear belakang berukuran 43, keduanya akan sama-sama lebih galak di top speed bila diturunkan ukuran gear belakangnya ke ukuran 40.

 

Perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • Gear Belakang : Gear Depan = Rasio Gear set

 

Contohnya:

  • 40 : 14 = 2.85

 

Nah dari perhitungan di atas, dapat diketahui bahwa rasio gear set dari mata gear berukuran 40 dan 14 menghasilkan perbandingan atau rasio sebesar 2.85.

 

Rasio tersebut lebih kecil bila dibandingkan dengan rasio gear bawaan dari Yamaha Vixion seperti yang kami hitung di bawah ini:

  • 42 : 14 = 3
  • 43 : 14 = 3.07

 

Nah patokan dalam menentukan gear set dari Vixion adalah sebagai berikut:

1. Turunkan angka rasio gear untuk keperluan top speed atau biar kenceng.

2. Naikan angka rasio gear untuk keperluan torsi atau agar lebih galak di tanjakan.

 

Jadi sebenarnya kita bebas mau mengubah gear depan atau gear belakang untuk membuat Vixion kita jadi lebih kencang.

 

Tetapi banyak yang merekomenasikan untuk mengubah gear belakang. Namun pada intinya baik itu gear depan atau gear belakang, dapat sama-sama diganti asalkan patokan rasio gear setnya dipegang.

 

Ingat, jangan mengubah rasio gear secara signifikan atau berlebihan, misal mengganti gear belakang Vixion jadi ukuran 35 mata.

 

Hal tersebut karena nantinya Vixion akan sangat tidak enak saat diajak bermacet-macetan. Tidak percaya? Silahkan deh dicoba wkwk.

 

Oh iya, setelah mengganti ukuran gear, jangan lupa untuk mengubah juga ukuran panjang dari rantainya agar putaran dari mesin ke roda belakang dapat berjalan dengan lancar.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript