Review Spesifikasi Gerinda RYU RSG 100-3, Apa Kekurangan Gerinda RYU ???

Daftar Isi [Tampil]
Review Spesifikasi Gerinda RYU RSG 100-3, Apa Kekurangan Gerinda RYU ???


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai gerinda dari RYU dengan tipe RSG 100-3.

 

Gerinda merupakan salah satu perkakas yang cukup sering digunakan. Gerinda sendiri merujuk pada jenis batu yakni batu asah yang dipasangkan pada mesin gerinda yang sering digunakan untuk melakukan proses penghalusan hingga proses pemotongan.

 

Bicara soal gerinda, salah satu jenis gerinda adalah angle grinder atau yang lebih dikenal di Indonesia sebagai gerinda tangan dan bukan gerinda yang dipatenkan dalam suatu meja.

 

Gerinda tangan atau angle grinder sendiri sering digunakan di beberapa tempat seperti di tukang bangunan, tukang las, tukang bengkel, tukang bubut, dan tukang-tukang lain yang membutuhkan hehe.

 

Dalam kesempatan kali ini, kami akan sedikit membahas mengenai gerinda milik kami yakni gerinda dari RYU bertipe RSG 100-3.

 

Harga Gerinda RYU RSG 100-3

Review Spesifikasi Gerinda RYU RSG 100-3, Apa Kekurangan Gerinda RYU ???

Gerinda tangan yang satu ini termasuk salah satu jenis gerinda yang memiliki harga murah-meriah.

 

Satu “bungkus” gerinda yang satu ini dihargai sekitar Rp. 250.000-an. Harga tersebut sendiri mungkin akan berbeda-beda pada tiap daerah, tetapi bila kita lihat dari harganya, gerinda yang satu ini terkategori cukup murah bila dibandingkan dengan mesin gerinda tangan lain.

 

Dalam paket pembelian, kita akan mendapat beberapa item yakni 2 batu gerinda potong, 1 batu gerinda poles, buku-buku (pedoman penggunaan dan garansi), kunci untuk memasang batu gurinda pada mesin, serta 1 buah cover yang bertujuan untuk menutupi percikan api.

Review Spesifikasi Gerinda RYU RSG 100-3, Apa Kekurangan Gerinda RYU ???

 

Spesifikasi Gerinda RYU RSG 100-3

Review Spesifikasi Gerinda RYU RSG 100-3, Apa Kekurangan Gerinda RYU ???

Gerinda RYU RSG 100-3 merupakan gerinda untuk batu gerinda berdiameter 4 inchi. Adapun secara rinci, spesifikasi dari gerinda ini adalah sebagai berikut:

 

Spesifikasi RYU RSG 100-3

Input daya

580 Watt

Putaran tanpa beban

11.000 Rpm

Diameter

100 mm atau 4 inchi

Berat

1.9 Kg

 

Gerinda RYU RSG sendiri memiliki beberapa keunggulan salah satunya adalah adanya garansi hingga 6 bulan (syarat dan ketentuan berlaku) serta memiliki beberapa bengkel perbaikan yang cukup banyak tersebar di Indonesia.

 

Bicara soal keunggulan, pada kemasan gerinda RYU RSG 100-3 sendiri terpampang seperti berikut:

1. Adjustable safety protect guard for disc.

2. High performance motor.

3. Spindel lock.

 

Review Spesifikasi Gerinda RYU RSG 100-3, Apa Kekurangan Gerinda RYU ???

 

Kelebihan Gerinda RYU RSG 100-3

Dari apa yang kami rasakan setelah mencoba mesin gerinda ini, kurang lebih kelebihan dari RYU RSG 100-3 adalah sebagai berikut:

1. Harganya yang murah meriah yakni hanya sekitar 250 ribuan atau kurang dari 300 ribuan.

2. Diberi bonus 3 batu gerinda seperti apa yang sudah kami paparkan di atas.

3. Sudah dilengkapi dengan cover atau pelindung agar cipratan percikan api dapat ditahan arahnya.

4. Performa putaran mesin sebesar 11.000 Rpm yang stabil dan sangat mempermudah dalam memotong logam.

5. Adanya garansi meski dengan beberapa syarat.

 

Kekurangan Gerinda RYU RSG 100-3

Selain memiliki kelebihan, produk buatan manusia pasti memiliki kelemahan atau kekurangan. Adapun kekurangan gerinda RYU RSG 100-3 adalah sebagai berikut:

1. Belum termasuk handle atau gagang atau pegangan.

2. Getaran dari mesin cukup terasa, jadi usahakan sebelum menggunakan gerinda ini kita sarapan atau makan terlebih dahulu. Mengapa? Ya karena jika dipakai sampai 5 menit lebih secara non stop, efeknya mulai terasa hihi.

3. Suaranya cukup berisik. Meski tidak begitu bising, namun gerinda RYU untuk tipe ini memiliki suara yang menurut kami cukup berisik. Jadi jika kalian mencari gerinda yang senyap, RYU dengan tipe ini bukanlah pilihannya.

 

Nah sebagai penutup, kami ingin mengingatkan bahwa perkakas yang satu ini cukup berbahaya karena besi saja dapat terpotong dengan mudah apalagi hanya sekedar organ tubuh manusia.

 

Oleh karena itu, pastikan menggunakan alat ini dengan hati-hati. Saudara kami sendiri pernah mengalami kecelakaan karena gerinda ini.

 

Kecelakaan tersebut adalah robeknya betis dari saudara kami karena “tercolek” oleh batu gerinda yang terpasang pada mesin gerinda.

 

Imbasnya saudara kami harus dirawat selama beberapa hari karena harus menerima perawatan dan jahitan di rumah sakit.

 

Update: Kekurangan gerinda tipe ini adalah sering mati saat sudah panas. Hal tersebut kami alami ketika mengamplas kayu. Jadi jika sudah panas dan kita matikan tombol powernya, maka gerinda ini jadi sulit nyala kembali dan perlu beberapa waktu agar mesin dingin dan gerinda dapat menyala.


Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2


 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Bawah Artikel

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)