-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Kombinasi Roller dan Per CVT Beat Fi, Catat Ukurannya !!!

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai kombinasi roller dan per CVT dari Honda Beat Fi.

 

Beat Fi merupakan salah satu motor dengan jenis metik yang diproduksi dan dipasarkan oleh pabrikan Astra Honda Motor (AHM) selaku ATPM atau Agen Tunggal Pemegang Merek dari Honda Motor di Indonesia.

Kombinasi Roller dan Per CVT Beat Fi, Catat Ukurannya !!!
Sumber: astra-honda.com

Honda Beat sendiri sekarang masih terus diproduksi dan dipasarkan oleh Astra Honda Motor, hal tersebut karena mengingat motor metik compact yang satu ini merupakan salah satu pemimpin pasar di Indonesia untuk segmen motor metik kecil entry level.

 

Nah karena Honda Beat Fi ini merupakan motor dengan jenis metik, sudah pasti menggunakan komponen yang bernama CVT atau Continously Variable Transmisson yang mana fungsinya adalah sebagai media penyalur putaran dari mesin ke roda belakang.

 

Dalam CVT sendiri terdapat beberapa komponen yang salah satunya adalah puli, roller, hingga vbelt.

 

Dalam artikel ini kita akan coba memberikan informasi mengenai kombinasi ukuran roller dan per CVT Beat Fi. Simak saja dua sub bab di bawah ini:

 

1. Ukuran Roller Standar Beat Fi

Pertama-tama kita bahas terlebih dahulu mengenai ukuran roller standar dari Beat Fi. Honda Beat Fi memiliki ukuran roller yang berbeda tergantung dari tipenya.

 

Singkatnya, adalah sebagai berikut:

  • Beat Fi menggunakan roller berukuran 13 gram
  • Beat Fi eSP menggunakan roller berukuran 15 gram

 

Nah pertama-tama kita catat terlebih dahulu ukuran roller standar dari Beat Fi ini supaya nantinya kita bisa lebih mendalami mengenai kombinasi ukuran roller dan per CVT milik Honda Beat.

 

2. Ukuran Per CVT Standar Beat Fi

Beat Fi ini memiliki ukuran per CVT standar sekitar 800 RPM, dapat dibilang Honda Beat FI ini menggunakan ukuran per yang lumrah dijumpai pada motor-motor metik yakni ukurna 800 RPM yang tidak terlalu keras.

 

Angka ini juga perlu kita catat karena nantinya akan bersinggungan dengan kombinasi roller dan per CVT.

 

3. Kombinasi Roller dan Per CVT Beat Fi

Pertama-tama adalah kita coba ubah terlebih dahulu ukuran rollernya, patokannya adalah ukuran roller standarnya ditambah dengan acuan sebagai berikut:

  • Gunakan roller yang lebih ringan dari berat roller standar untuk mengejar akselerasi (keperluan di tanjakan).
  • Gunakan roller yang lebih berat dari berat roller standar untuk mengejar top speed (biar kenceng).

 

Jadi di sini kita ambil contoh Beat Fi non eSP yang memiliki ukuran roller standar 13 gram dan ukuran per CVT 800 RPM.

 

Kita tentukan terlebih dahulu apa yang hendak kita capai, apakah akselerasi (galak di putaran bawah) atau top speed (galak di putaran atas).

 

Jika tujuannya adalah untuk mengejar akselerasi, maka kita dapat gunakan kombinasi roller dan per CVT pada Beat Fi dengan ukuran roller 11 gram serta ukuran per CVT sebesar 1000 RPM.

 

Sedangkan jika tujuannya adalah untuk mengejar top speed, maka kita dapat gunakan kombinasi roller berukuran 15 gram serta ukuran per CVT berukuran 1000 RPM.

 

Kita boleh menggunakan per CVT berukuran 1500 RPM, hanya saja kita jangan hanya mengubah roller, kita juga harus mengubah vbelt, Ecu, dan lain sebagainya guna menunjang performa Beat Fi.

 

Untuk Beat Fi eSP, kurang lebih rujukannya sama. Kita dapat gunakan roller berukuran 17 gram dan per CVT berukuran 1000 RPM untuk tujuan akselerasi.

 

Sebaliknya untuk keperluan top speed, maka kita dapat gunakan kombinasi roller berukuran 13 gram dengan per CVT berukuran 1000 RPM.

 

Usahakan mengganti roller secara keseluruhan dan tidak usah disilang, hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadi keausan secara tidak merata.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript