-->
★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Kapasitas Oli Mesin CBR150R Facelift


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai kapasitas dari oli mesin CBR150R Facelift.

 

CBR150R Facelift merupakan salah satu varian motor sport dari Astra Honda Motor (AHM) yang memiliki desain sangat racy look karena adanya balutan full fairing.

 

Honda CBR150R Facelift sendiri merujuk Honda CBR150R K45G (rilisan tahun 2016) serta CBR150R K45N (rilisan tahun 2018).

 

Honda CBR150R Facelift sendiri mengusung mesin 1 silinder DOHC berpendingin carian yang sanggup mengeluarkan daya terbaiknya di angka 12.6 kW pada putaran 9000 Rpm, sedangkan torsi terbesarnya adalah sebesar 14.4 Nm pada putaran 7000 Rpm.

 

Kapasitas Oli Mesin Honda CBR150R Facelift

Kapasitas Oli Mesin CBR150R Facelift
Sumber: astra-honda.com

Nah berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya, Honda CBR150R Facelift ini dapat dibilang cukup unik dalam kapasitas oli mesinnya, sebab takaran atau kapasitas oli mesinnya cukup nanggung.

 

Memang berapa liter kapasitas oli mesin dari Honda CBR150R Facelift? Kurang lebih adalah sebagai berikut:

 

Kapasitas oli mesin CBR150R Facelift adalah sebanyak 1.1 liter atau 1100 ml untuk pergantian oli secara rutin.

 

Takaran atau kapasitas oli mesin tersebut sama dengan beberapa saudara kandung dari Honda CBR150R Facelift yakni CB150R versi 2, serta Honda Sonic 150R dan Supra GTR 150.


Rekomendasi Oli Untuk Honda CBR150R Facelift

Kapasitas Oli Mesin CBR150R Facelift

Rekomendasi oli untuk CBR150R Facelift adalah oli dari Astra Honda Motor (AHM) yakni MPX 1 atau pun SPX 1 yang memiliki kekentalan 10W-30.

 

MPX 1 sendiri merupakan oli mineral, sedangkan SPX 1 merupakan oli full synthetic, untuk kalian yang ingin mengetahui perbedaan dari kedua oli tersebut, silahkan simak artikelnya di bawah ini:

 

Baca JugaPerbedaan Oli MPX dan SPX dari AHM !!! Wah Lumayan Banyak Bedanya

 

Dampak Buruk Kekurangan Oli

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya bahwa Honda CBR150R Facelift ini memiliki takaran oli yang sedikit nanggung yakni 1.1 liter atau 1100 ml.

 

Di pasaran sendiri, oli yang dijual biasanya adalah bertakaran 0.8 liter, 1 liter, serta 1.2 liter (kemasan untuk oli sepeda motor).

 

Nah sebagai opsi, kita dapat menggunakan dua botol oli bertakaran 0.8 liter atau 1 liter kemudian kita takar sedemikian rupa agar takaran olinya adalah sebanyak 1.1 liter.

 

Atau kita juga bisa menggunakan oli 1.2 liter dan kita sisakan 0.1 liter agar takarannya pas 1,1 liter.

 

Namun faktanya banyak yang merasa malas untuk mengukur takaran oli sehingga kadang memaksakan oli 1 liter pada CBR150R Facelift.

 

Lalu apa dampak buruk dari kekurangan oli? Berikut kami paparkan di bawah ini:

1. Mesin motor jadi mudah panas.

2. Kampas kopling lebih cepat aus.

3. Piston mudah aus pada ringnya.

4. Kampas kopling jadi selip.

5. Suara mesin jadi lebih berisik.

 

Nah meski menggunakan oli yang takarannya kurang memiliki dampak buruk, namun bukan berarti menggunakan oli dengan takaran yang kebanyakan tidak memiliki dampak buruk juga.

 

Takaran oli yang kebanyakan dapat menyebabkan laju piston di ruang bakar jadi sedikit lebih berat. Namun opsi kelebihan oli dipandang lebih baik daripada opsi kekurangan takaran oli.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


x