-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ganti Oli Nmax Berapa Km Sekali?


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ganti oli Nmax.

 

Nmax merupakan salah satu motor dengan jenis skutik atau motor metik yang dipasarkan di Indonesia melalui pabrikan Yamaha indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

 

Ganti Oli Nmax Berapa Km Sekali?
Sumber: yamaha-motor.co.id

Dapat dikatakan, Yamaha Nmax ini menjadi pemimpin pasar untuk kelas motor metik “gembot” di kelas kubikasi mesin 150 cc.

 

Hal tersebut dirujuk apabila kita melihat hasil penjualan dari Yamaha Nmax dimana Nmax ini cukup sukses dalam segi penjualan dan meninggalkan kompetitornya yakni Honda PCX 150.

 

Yamaha Nmax 155 sendiri menggunakan mesin 4 langkah pada silinder tunggal SOHC berpendingin cairan berkubikasi 155.1 cc yang sanggup mengeluarkan daya terbaiknya di angka 11.1 kW pada putaran 8000 rpm, sedangkan torsi terbesarnya adalah sebesar 14.4 Nm pada putaran 6000 rpm.

 

Biacara soal ganti oli Nmax, kira-kira tiap berapa Km sekali ya ganti oli Nmax?

 

Yamaha Nmax jika secara anjuran pabrik, diharuskan mengganti oli tiap 4000 Kilo meter sekali dan berlaku untuk kelipatannya misal 8000 Km, 12.000 Km, dan seterusnya.

 

Oli yang direkomendasikan pun adalah oli dari Yamaha yakni Yamalube Supermatic dengan kekentalan 10W-40.

 

Untuk takarannya atau kapasitas oli tiap pergantian oli mesinnya berapa liter? Kapasitas oli mesin dari Yamaha Nmax secara total adalah sebanyak 1 liter, namun untuk pergantian oli secara rutin atau periodik, maka kita cukup masukan oli mesin sebanyak 0.9 liter atau 900 ml.

 

Memasukan oli ini jangan sembarangan yakni harus pas dan diharamkan untuk mengisinya secara kurang (kelebihan takaran pun tidaklah dianjurkan).

 

Hal tersebut karena jika oli mesin sampai kurang dan motor dipaksa untuk dihidupkan, maka kemungkinan mesin akan cepat panas serta komponen mesin jadi cepat aus.

 

Nah back to point, memang Yamaha Nmax 155 ini dianjurkan untuk mengganti oli mesin tiap hitungan 4000 Km sekali. Tetapi idealnya diganti tiap 3000 Km sekali.

 

Mengapa? Hal tersebut karena jika Nmax 155 kita sering berada di kemacetan atau kita panaskan mesin dalam waktu lama dan dalam kondisi mesin menyala, maka kemungkinan itu akan membuat kinerja oli tetap berjalan tetapi tidak terhitung dalam trip meter.

 

Oleh karenanya, diusahakan mengganti oli mesin Nmax tiap di bawah 4000 Km sekali misal di jarak tempuh 3000 Km-an.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript