-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Fungsi Kunci Roda Beserta Model Bentuknya


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai fungsi dari kunci roda.

 

Kunci roda, salah satu kunci yang namanya cukup banyak dibicarakan terutama oleh kalangan penggemar otomotif.

 

Yups, pada dunia otomotif tepatnya kendaraan bermotor pasti ada yang namanya roda. Dan roda ini biasanya dipasangkan pada kendaraan bermotor dengan menggunakan baut serta mur.

 

Nah baut maupun mur ini lah yang nantinya menjadi “makanan” dari kunci roda. Untuk yang ingin tahu lebih banyak soal kunci roda, mari simak beberapa sub bab di bawah ini.

 

Apa Itu Kunci Roda ???

Apa yah kunci roda itu? Kunci roda merupakan kunci yang mana mata kuncinya biasanya berbentuk hexagonal (lubang dengan bentuk segi enam).

 

Kunci roda ini masih satu keluarga dengan kunci sock atau kunci socket. Hanya saja memang bentuknya berbeda, selain itu kunci roda ini tidak termasuk dalam pembelian satu set kunci sock atau kunci sok.

 

Kunci roda sendiri memiliki ciri khas yakni biasanya bentuknya besar maupun panjang (mata kuncinya biasanya mulai dari ukuran 17 mm ke atas).

 

Fungsi Kunci Roda

Sesuai dengan namanya, kunci roda ini memiliki fungsi untuk memasangkan dan melepaskan mur pada roda.

 

Kenapa bukan baut? Karena biasanya yang dibuka dan dipasangkan adalah murnya dan bukan bautnya. Kunci roda ini biasanya digunakan untuk kendaraan roda empat ke atas.

 

Sehingga ukuran mata kuncinya mulai dari ukuran 17 mm ke atas (Sesuai dengan ukuran mur pada mobilnya).

 

Biasanya kunci roda ini menggunakan mata kunci dengan bentuk hexagonal atau lubang pada mata kuncinya berbentuk segi enam yang mana memang fokus dari kunci ini adalah untuk membuka mur dengan bentuk hexagonal juga (mata kunci sendiri ada yang berbentuk segi delapan, serta segi dua belas).

 

Pada mobil sendiri, biasanya roda akan dipasangkan pada baut tanam dan tinggal diikat saja menggunakan mur.

 

Meski sering digunakan pada mobil, tetapi pengguna sepeda motor pun tak jarang membeli kunci roda untuk melepaskan mur pada as rodanya.

 

Kenapa demikian? alasannya adalah karena biasanya kunci roda menggunakan ukuran yang relatif besar pada bagian mata kuncinya serta biasanya memiliki kekuatan yang cukup untuk membuka mur pada as roda.

 

Model Kunci Roda

Biasanya kunci roda ini akan jadi “hadiah” dalam pembelian kendaraan bermotor seperti mobil maupuan kendaraan dengan roda empat ke atas.

 

Jadi jika kita membeli mobil dengan status baru dari dealer, maka kemungkinan kita akan diberi kunci roda.

 

Bentuk dari kunci roda sendiri cukup bervariatif, adapun beberapa bentuk atau model dari kunci roda yang kami ketahui adalah sebagai berikut:

 

1. Kunci Roda Berbentuk L

Fungsi Kunci Roda Beserta Model Bentuknya
Sumber: bukalapak.com

Kunci roda ini memiliki bentuk layaknya huruf L dan memiliki mata kunci di salah satu ujung kunci maupun di kedua ujung kunci. Kunci roda berbentuk L ini mirip dengan kunci socket, bedanya kunci roda ini tidak dapat dilepas-pasang antara handle dan mata kuncinya layaknya kunci socket.

 

2. Kunci Roda Berbentuk Y

Fungsi Kunci Roda Beserta Model Bentuknya
Sumber: shopee.co.id

Selanjutnya adalah kunci roda yang memiliki bentuk seperti huruf Y. Sama seperti kunci 3 ways atau 3 cabang lain, kunci roda berbentuk Y sendiri memiliki 3 ukuran mata kunci pada tiap ujung kuncinya. Seperti “motto” kunci Y lain, kunci roda dengan bentuk Y pun memiliki motto yakni “beli 1 dapat 3” jadi setidaknya dapat menghemat budget meski harganya sebenarnya masih cenderung mahal wkwkwk. Selain itu, sayangnya, kunci roda dengan ukuran lebih dari 17 mm biasanya cukup sulit ditemukan.

 

3. Kunci Roda Berbentuk X atau Palang

Fungsi Kunci Roda Beserta Model Bentuknya
Sumber: bukalapak.com

Kunci roda ini cukup familiar karena sering dijumpai pada beberapa kunci roda bawaan mobil serta di bengkel-bengkel. Kunci roda dengan bentuk seperti huruf X ini memiliki 4 ukuran mata kunci yang terdapat pada tiap ujungnya dan secara balance cukup seimbang serta mampu meminimalisir terjadinya slek pada mur roda.

 

4. Kunci Roda Socket

Fungsi Kunci Roda Beserta Model Bentuknya
Socket model extension. Sumber: bukalapak.com

Ini merupakan kunci socket yang biasanya memiliki ukuran yang besar. Biasanya sambungan atau drive hole-nya memiliki ukuran 3/4 inchi hingga 1 inchi. Kunci socket untuk roda sendiri biasanya dipadukan dengan menggunakan handle momen maupun handle T sliding bar.

 

Fungsi Kunci Roda Beserta Model Bentuknya
Handle T untuk kunci sock. Sumber: shopee.co.id

Fungsi Kunci Roda Beserta Model Bentuknya
Kunci sock satu set. Sumber: tokopedia.com


5. Kunci Roda Dengan Impact

Fungsi Kunci Roda Beserta Model Bentuknya
Sumber: shopee.co.id

Beberapa model kunci roda yang sudah kita sebutkan di atas merupakan kunci roda yang diaplikasikan secara manual. Sedangkan kunci roda yang menggunakan impact merupakan kunci roda yang sifatnya mekanikal atau menggunakan mesin (biasanya menggunakan tenaga listrik). Jadi impact sendiri merupakan alat untuk membuka baut yang mirip-mirip seperti mesin bor, hanya saja impact memiliki fungsi yang berfokus untuk memasangkan atau melepaskan baut maupun mur sehingga punya kelebihan di torsi, kecepatan, serta balancing pada pemasangan mur serta baut. Adapun impact ini hanya sebatas alat, sedangkan biasanya mata kuncinya menggunakan mata kunci dari kunci socket.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript