-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Fungsi Kunci L Berdasarkan Jenisnya


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai fungsi dari kunci L berdasarkan jenisnya.

 

Kunci L merupakan salah satu hand tool atau alat yang dioperasikan dengan tangan (manual) yang cukup banyak diperlukan untuk membuka baut pada kendaraan bermotor terlebih untuk motor-motor keluaran terbaru.

 

Dapat dikatakan, kunci L ini terkategori sebagai salah satu tool yang khusus yakni hanya dikhusukan untuk membuka baut dengan jenis tertentu saja.

 

Nah untuk kalian yang ingin mengetahui mengenai fungsi-fungsi dari kunci L, mari kita simak dalam artikel ini karena dalam artikel ini kami akan coba bahas juga mengenai kunci L dengan cukup panjang dan lebar.

 

Pengertian Kunci L

Fungsi Kunci L Berdasarkan Jenisnya
Sumber: tokopedia.com

Kita awali dengan pengenalan dalam hal pengertian, kunci L ini menggambarkan suatu hand tool yang berbentuk seperti huruf L.

 

Adapun tidak semua kunci dengan bentuk L dapat dikatakan sebagai kunci L (gagang atau handle kunci shock misalnya), karena pada faktanya kunci L sendiri tidak selalu berbentuk seperti huruf L (kadang ada yang berbentuk Y atau T).

 

Nah kunci L sendiri memiliki nama baku yakni allen key atau kadang juga dinamai sebagai inbus key atau hex key (hex key merupakan singkatan dari hexagonal key atau kunci segi enam).

 

Nah adapun fungsi dari kunci L ini akan kita bahas dalam sub bab di bawah ini.

 

Fungsi Kunci L

Pada dasarnya kunci L hanya diciptakan untuk dua hal yakni memasang dan membuka baut dengan jenis hex socket head bolt (kunci L jenis Hex) serta hexalobular hole bolt (kunci L jenis Torx).

 

Baut dengan jenis hex socket head bolt merupakan baut yang kepalanya berbentuk bundar dan ada lubang di bagian tengah kepalanya yang mana lubang tersebut berbentuk segi enam atau hexagonal.

Fungsi Kunci L Berdasarkan Jenisnya
Sumber: indiamart.com


Sedangkan hexalobular hole bolt merupakan baut dengan kepala bundar berlubang yang mana lubangnya berbentuk kembang bintang (sepertinya berbentuk double hexagonal atau segi dua belas).

Fungsi Kunci L Berdasarkan Jenisnya
Sumber: id-misumi-ec.com

 

Namun seiring perkembangan zaman, model atau jenis dari kunci L mulai terus dikembangkan demi kebutuhan membuka baut (meski pada dasarnya jenis kunci L hanya dua yakni jenis hexagonal dan jenis torx).

 

Adapun jenis-jenis kunci L beserta fungsi dari kunci L adalah sebagai berikut:

1. Kunci L Hexagonal/ Standar

Fungsi Kunci L Berdasarkan Jenisnya
Sumber: bukalapak.com


Kunci L dengan jenis ini memiliki enam sisi dan bentuk secara keseluruhan mirip dengan huruf L. Kunci hexagonal berbentuk L sendiri sering disebut juga sebagai kunci L standar dan fungsinya adalah untuk membuka baut dengan jenis hex socket head bolt.

 

2. Kunci L Torx

Fungsi Kunci L Berdasarkan Jenisnya
Sumber: bukalapak.com

Selanjutnya adalah kunci L Torx yang berfungsi untuk membuka baut dengan jenis hexalobular hole bolt. Kunci L ini sering disebut juga sebagai kunci L Bintang atau kunci L Kembang karena bagian mata kunci memiliki banyak sudut.

 

3. Kunci L Ballpoit

Fungsi Kunci L Berdasarkan Jenisnya
Sumber: tekiro.com

Ini merupakan variasi dari kunci L yang mana pada bagian ujung mata kunci dibentuk sedemikian rupa agar seperti bola. Fungsinya adalah agar dapat membuka baut dengan kemiringan yang lebih lelauasa atau fleksibel. Sayangnya, kunci L dengan jenis ini hanya kami rekomendasikan untuk menahan kepala baut saja karena berpotensi membuat kepala baut slek atau dol.

 

4. Kunci L Torx dengan Hole in Tip atau Dengan Lubang

Fungsi Kunci L Berdasarkan Jenisnya
Sumber: tokopedia.com

Ini merupakan variasi dari kunci L Torx yang mana terdapat lubang pada bagian tengah mata kuncinya. Tujuannya adalah untuk membuka baut dengan jenis hexalobular hole bolt yang memiliki desain benjolan pada bagian tengah kepala bautnya (biasanya baut ini jarang ditemui, tetapi pada motor-motor atau mobil-mobil tertentu sering digunakan).

 

5. Kunci Hex Bit

Fungsi Kunci L Berdasarkan Jenisnya
Sumber: sepeda.me



Kunci L identik dengan kunci yang digunakan secra manual dengan tangan. Nah kunci hex bit ini merupakan versi mekanikalnya. Dimana kunci hex bit ini merupakan mata kunci berbentuk torx atau kunci hexagonal yang dapat dipasangkan pada impact atau obeng ketok. Jadi kunci Hex Bilt sendiri dapat dikatakan merupakan mata kunci dari kunci L yang dapat dipasangkan (socket) pada alat lain.

 

6. Kunci L Security

Fungsi Kunci L Berdasarkan Jenisnya
Sumber: shopee.co.id

Seperti namanya, kunci L yang satu ini difungsikan untuk mengamankan baut tertentu. Kunci L security memiliki bentuk L dengan sisi bundar dan pada bagian ujung (mata kuncinya) berbentuk lubang kotak. Kunci L ini berfungsi untuk membuka baut yang bagian tengahnya diberi tambahan tonjolan berbentuk persegi atau kotak seperti layaknya pada klep motor.

 

7. Kunci L Berbentuk T

Fungsi Kunci L Berdasarkan Jenisnya
Sumber: tokopedia.com


Apa? Katanya kunci L? kok berbentuk T? kita pahami terlebih dahulu bahwa penamaan kunci L didasari atas “filosopi” bentuknya yang mirip huruf L, sedangkan nama aslinya adalah allen key. Jadi kita namai saja kunci ini sebagai allen key dengan bentuk T. Kunci ini memiliki fungsi yang lebih fokus pada torsi dan keseimbangan. Kunci ini juga sangat kami sukai karena lebih meminimalisir terjadinya slek atau dol pada kepala baut karena adanya beban atau torsi yang kurang merata.

 

8. Kunci L Lipat

Fungsi Kunci L Berdasarkan Jenisnya
Sumber: shopee.co.id


Kunci yang selanjutnya adalah allen key yang dapat dilipat dalam satu “rumah”. Kunci yang satu ini lebih berfungsi ke segi efisiensi karena membeli satu barang dapat banyak mata kunci. Sayangnya, kunci dengan jenis ini hanya cocok untuk baut yang bertorsi rendah karena bentuknya yang kurang mendukung untuk membuka baut dengan torsi besar.

 

9. Kunci L Berbentuk Y atau 3 Way

Sumber: sepeda.me


Kunci yang satu ini memiliki tiga mata kunci dalam satu kunci. Biasanya ukurannya akan berbeda-beda antara satu cabang dengan cabang lain. Misal kunci L berbentuk Y yang memiliki ukuran 5 mm, 6 mm, serta 8 mm pada satu kunci. Kunci L dengan bentuk ini cukup efisien karena beli satu dapat tiga, selain itu untuk urusan balancing dalam membuka baut, kunci dengan jenis ini cukup kami rekomendasikan.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript