-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ukuran Bearing Roda Depan Motor Vixion, Beda-Beda Sob !!!

Ukuran Bearing Roda Depan Motor Vixion, Beda-Beda Sob !!!
Sumber: tokopedia.com


Satupiston.com
– Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran bearing roda depan dari motor Vixion.

 

Vixion merupakan salah satu motor andalan pabrikan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, hal tersebut karena Vixion merupakan motor dengan jenis naked berkubikasi di kelas 150 cc yang sukses dalam segi penjualan di Indonesia.

 

Sejauh ini, Yamaha Vixion sendiri sudah masuk pada beberapa generasi, mulai dari yang lampu kepalanya berbentuk bulat, hingga kini yang headlampnya berbentuk sangat agresif.

 

Selain itu, kini Vixion dilahirkan dengan dua varian yakni versi standar dan versi “R” yang mana Vixion R ini mengambil basic mesin dari Yamaha R15.

 

Vixion terbaru (setidaknya hingga artikel ini diturunkan) dibekali dengan kubikasi mesin sebesar 149.8 cc yang sanggup mengeluarkan daya terbaiknya di angka 12.2 kW pada putaran 8500 rpm, sedangkan torsi terbaiknya ada di angka 14.5 Nm pada putaran 7500 rpm.

 

Sedangkan Vixion R dibekali dengan kubikasi sebesar 155.1 cc yang sanggup mengeluarkan daya terbaiknya di angka 14.2 kW pada putaran 10.000 rpm, sedangkan torsi terbaiknya ada di angka 14.7 Nm pada putaran 8500 rpm.

 

Nah bicara soal bearing, part yang satu ini sering juga disebut sebagai laher yakni berfungsi sebagai bantalan pada komponen tertentu agar posisinya tetap stabil walau terkena goncangan.

 

Pada velg sendiri, minimal terdapat dua bearing yang disimpan di bagian kiri dan kanan velg dan dipisah oleh boshing pada bagian tengah velg.

 

Oh iya, biasanya yang sering mengalami kerusakan adalah bearing pada roda atau velg bagian depan. Hal tersebut karena biasanya roda depan pada motor sering mendapat daya kejut yang lebih besar bila dibandingkan dengan roda belakang.

 

Penyebab Bearing Roda Depan Oblak

Pertama-tama kami akan bahas terlebih dahulu penyebab dari bearing roda depan yang mengalami oblak. Beberapa penyebab bearing roda depan oblak adalah sebagai berikut:

1. Sering menerjang jalanan yang tidak rata dengan kecepatan yang tidak pelan.

2. Menurunkan shock depan sehingga membuat shock depan menjadi keras.

3. Salah melakukan pemasangan bearing (dipukul-pukul atau tidak menggunakan boshing yang sesuai).

4. Menggunakan bearing pengganti yang kurang berkualitas sehingga mudah oblak kembali.

 

Ciri-Ciri Bearing Oblak

Beberapa ciri bearing yang oblak diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Roda terasa oleng ke samping.

2. Ketika melakukan pengereman, roda atau velg jadi tidak stabil.

3. Getaran yang tidak normal saat motor dipacu dalam kecepatan tinggi karena roda mengalami oleng.

 

Ukuran Bearing Roda Depan Vixion

Soal ukuran bearing roda depan, Yamaha Vixion ini cukup unik. Hal tersebut karena pada salah satu versi ada yang berbeda ukuran bearing roda depannya.

 

Adapun ukuran bearingnya akan kami uraikan sebagai berikut:

 

Ukuran Bearing Roda Depan Vixion Old (Gen 1 dan Gen 2 Sebelum Versi NVL)

Ukuran Bearing Roda Depan Motor Vixion, Beda-Beda Sob !!!
Sumber: id.wikipedia.org

Yang pertama adalah Vixion old atau generasi pertama yang masih menggunakan headlamp bulat serta Vixion gen dua yang headlampnya sudah agak agresif namun secara keseluruhan masih satu DNA dengan Vixion gen 1.

 

Adapun ukuran bearing roda depan Vixion old adalah 6201 (sisi kiri) dan 6301 (sisi kanan). Jadi pada velg depan dari Vixion old menggunakan bearing yang ukurannya berbeda antara posisi kiri dan kananya (usahakan beli satu set saja jika takut salah beli).

 

Kode part dari bearing roda depan Vixion old adalah 93306-201YF (Ukuran 6201) dan 93306-351Y3 (ukuran 6301).

 

Ukuran Bearing Roda Depan Vixion Lighting dan Advance

Ukuran Bearing Roda Depan Motor Vixion, Beda-Beda Sob !!!
Sumber: yamaha-motor.co.id


Selanjutnya untuk generasi Vixion Lightning serta Advance ke atas (pokoknya yang setelah Vixion gen 1 dan 2), ukuran bearing roda depannya adalah 6301.

 

Adapun kode partnya adalah dapat menggunakan bearing dengan kode part 93306-301XE atau 93306-351Y3.

 

Ukuran Bearing Roda Depan Vixion R

Ukuran Bearing Roda Depan Motor Vixion, Beda-Beda Sob !!!
Sumber: yamaha-motor.co.id

Nah karena Vixion R ini lahir setelah generasi Vixion old (gen 1 dan 2), maka kemungkinan bagian rangka dan kaki-kakinya mengadopsi dari Vixion generasi setelah Vixion old.

 

Adapun bearing roda depan dari Vixion R adalah 6202 dan kode part yang dapat dipakai adalah 93306-252XB atau 93306-252YL.

 

Kesimpulan

Jadi ukuran bearing roda depan Vixion berbeda-beda tergantung dari jenis Vixion itu sendiri. Adapun secara garis besar, Vixion old menggunakan bearing roda depan berukuran 6201 dan 6301, sedangkan Vixion Lightning dan Advance menggunakan bearing roda depan berukuran 6301. Serta Vixion R menggunakan bearing dengan ukuran 6202.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript