-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

8 Cara Membuat Suara Knalpot Racing Menjadi Padat

8 Cara Membuat Suara Knalpot Racing Menjadi Padat


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat suara knalpot racing menjadi padat.

 

Knalpot racing atau knalpot aftermarket dengan jenis free flow sering jadi perangkat yang dipilih untuk dipasangkan pada kendaraan bermotor tak terkecuali pada sepeda motor.

 

Knalpot aftermarket atau knalpot racing sering menawarkan bentuk yang racing look serta suara yang lebih tampil beda dari knalpot motor pada umumnya.

 

Oleh karena alasan tersebutlah maka tidak heran kenapa knalpot racing ini sering jadi pilihan untuk dipasangkan pada kendaraan bermotor guna kepentingan modifikasi.

 

Nah sebelum membahas lebih jauh mengenai cara membuat suara knalpot racing menjadi padat, kami akan ingatkan kembali bahwa penggunaan knalpot racing untuk harian adalah dilarang karena adanya regulasi atau undang-undang.

 

Regulasi tersebut terdapat pada UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 285 yang berbunyi sebagai berikut:

 

Motor (Pasal 285 ayat 1)

Mobil (Pasal 285 ayat 2)

Setiap pengendara sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu

Setiap pengendara mobil yang tidak memenuhi persyaratan teknis seperti spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu rem, kaca depan, bumper, penghapus kaca dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu

 

Pasal di atas memberikan hukuman pidana bagi pengguna motor dan mobil yang mengunakan knalpot yang tidak layak jalan (tidak standar) dimana pengguna sepeda motor bisa dikenai pidana kurungan selama paling banyak satu bulan atau diganti dengan denda paling banyak 250 ribu.

 

Sedangkan pengguna mobil dapat dikenai kurungan paling lama 2 bulan atau diganti dengan denda paling banyak sebanyak 500 ribu.

 

Nah karena kami sudah mengingatkan menganai UU soal penggunaan knalpot racing, maka selanjutnya kami akan berikan tips agar knalpot racing yang kita gunakan bersuara padat.

 

Berikut cara membuat suara knalpot racing agar menjadi padat:

 

1. Gunakan Glaswool

8 Cara Membuat Suara Knalpot Racing Menjadi Padat

Yang pertama adalah dengan cara menggunakan glasswool pada silincer knalpot. Glasswool merupakan peredam yang dijejali pada silincer knalpot.

 

Selain berfungsi sebagai peredam suara knalpot, glaswool juga berfungsi membuat suara knalpot menjadi lebih padat, ngebass, dan bulat. Dengan catatan penggunaannya yang pas.

 

Di pasaran sendiri, glasswool yang umum ditemui adalah glasswool yang berwarna putih serta glasswool yang berwarna kuning.

 

Glasswool putih sendiri memiliki harga yang lebih mahal dari glasswool berwarna kuning, selain itu, glasswool berwarna putih cenderung memiliki daya tahan terhadap panas yang lebih baik dari glasswool kuning sehingga glasswool putih cenderung lebih awet.

 

Pastikan silincer knalpot kalian dapat dijejali dengan glasswool, karena tidak semua knalpot dapat dipasangi glasswool.

 

Knalpot yang dapat dijejali glasswool adalah knalpot yang memiliki saringan (sering disebut juga sebagai sarang tawon) pada bagian silincernya.

 

2. Rutin Mengganti Glasswool

8 Cara Membuat Suara Knalpot Racing Menjadi Padat

Glasswool pada knalpot motor harus “diiisi ulang” setiap kurun waktu tertentu. Karena sejatinya glasswool lama-kelamaan akan hangus terbakar.

 

Ciri-ciri silincer motor yang mulai habis glasswoolnya adalah ditandai dengan suara knalpot yang lebih garing atau cempreng hingga saat kita pukul-pukul silincer secara perlahan menggunakan kunci (atau apapun), silincer akan bersuara lebih nyaring karena bagian dalamnya mulai kosong.

 

Gunakan glasswool yang berwarna putih atau warna lain yang memiliki daya tahan lebih tinggi terhadap panas, sehingga membuat knalpot bisa bersuara padat lebih lama.

 

3. Periksa Packing Header Knalpot

8 Cara Membuat Suara Knalpot Racing Menjadi Padat

Periksa bagian packing header knalpot, pastikan posisi header benar-benar pas dengan lubang ex dari mesin dan jangan sampai ada kebocoran.

 

Hati-hati dalam menyetting bagian ini, hal tersebut karena baut pada mesin yang menghubungkan knalpot dengan mesin rawan patah, oleh sebab itu kencangkan murnya dengan hati-hati dan perlahan.

 

4. Periksa Kebocoran Pada Sambungan Knalpot

8 Cara Membuat Suara Knalpot Racing Menjadi Padat


Biasanya pada bagian slip on atau pada bagian sambungan pipa antara header dan silincer akan terjadi kebocoran karena perbedaan diameter lubang.

 

Oleh karenanya, coba periksa apakah pada bagian-bagian sambungan knalpot terdapat kebocoran atau tidak.

 

Caranya adalah dengan menghidupkan motor dalam kondisi langsam, kemudian periksa apakah ada udara yang bocor pada bagian sambungan-sambungan tersebut.

 

Jika ada kebocoran, kita bisa gunakan sealer knalpot agar membuat knalpot tidak mengalami kebocoran dan membuat suaranya jadi padat.

 

Oh iya, usahakan sediakan “kebocoran” kecil atau lubang kecil pada bagian bawah pipa knalpot yang posisinya paling rendah, hal tersebut bertujuan untuk menjadi jalan keluarnya air jikalau ada air yang terperangkap dalam knalpot misal karena menerobos banjir, terkena hujan, dan lain sebagainya.

 

5. Ganti Knalpot Racing

8 Cara Membuat Suara Knalpot Racing Menjadi Padat

Jika knalpot racing yang kita gunakan sudah lama dipakai sehingga membuat pipa dan silincernya terkikis hingga tipis (apalagi sampai bolong), maka ada baiknya knalpotnya diganti saja.

 

Mengingat belum ada jasa tambal knalpot racing yang bolong (terlebih pada bagian silincernya), maka jika dipaksakan, kemungkinan suara knalpot sudah tidak mungkin padat lagi secara maksimal.

 

6. Upgrade Knalpot Racing

8 Cara Membuat Suara Knalpot Racing Menjadi Padat

Jika kita menggunakan knalpot racing imitasi yang kualitasnya kurang bagus (tidak bagus), ada baiknya lakukan upgrade ke knalpot racing yang original.

 

Mengapa? Kebanyakan knalpot racing imitasi menggunakan bahan baku yang tipis seperti kaleng susu kental manis.

 

Knalpot yang terlalu tipis baik pada bagian header/ leheran maupun pada bagian silincernya cenderung mengeluarkan suara yang cempreng dan tidak padat.

 

7. Gunakan Knalpot Yang Panjang

8 Cara Membuat Suara Knalpot Racing Menjadi Padat

Knalpot yang memiliki ukuran panjang berpotensi menghasilkan suara yang lebih padat ditambah dengan lebih ngebass.

 

Hal tersebut memang sudah jadi aturan suara dimana semakin panjang suatu benda maka bunyinya kemungkinan akan semakin rendah. Selain itu, mengatur suara  knalpot agar bersuara lebih padat akan lebih mudah jika jenis knalpot yang digunakan merupakan knalpot yang panjang.

 

8. Pastikan Kompresi Motor Normal

8 Cara Membuat Suara Knalpot Racing Menjadi Padat


Yang terakhir, pastikan kompresi motor normal dan tidak ada kebocoran. Jangan biarkan piston atau klep bocor yang ditandai dengan keluarnya asap berwarna putih hingga asap berwarna hitam pada knalpot (pada motor dengan jenis 4 tak).

 

Jika kompresi motor sudah bocor, maka akan susah juga membuat suara knalpot motor menjadi padat.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa. Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript