-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

6 Penyebab Kenapa Honda Beat Sering Mati Mendadak

6 Penyebab Kenapa Honda Beat Sering Mati Mendadak
Sumber: astra-honda.com


Satupiston.com
– Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab kenapa Honda Beat sering mati mendadak.

 

Honda Beat merupakan motor metik dari Astra Honda Motor (AHM) yang dibekali dengan kubikasi mesin sebesar 109.5 cc yang sanggup mengeluarkan daya terbaiknya di angka 6.6 kW pada putaran 7.500 rpm, sedangkan torsi terbaiknya ada di angka 9.3 N.m pada putaran 5.500 rpm.

 

Honda Beat ini jadi motor metik dengan penjualan cukup sukses untuk segmen motor metik dengan kubikasi under 150 cc.

 

Nah bicara-bicara, ada salah satu penyakit dari Honda Beat yang sering dialami oleh penggunanya.

 

Terlebih bagi pengguna Honda Beat dengan jenis Fi atau fuel Injection (sistem bahan bakar injeksi).

 

Penyakit tersebut adalah matinya Honda Beat Injeksi saat tengah digunakan atau dapat juga dikatakan mati medadak.

 

Nah beberapa penyebab Honda Beat mati mendadak kami paparkan di bawah ini:

 

1. Busi Yang Sudah Harus Diganti

6 Penyebab Kenapa Honda Beat Sering Mati Mendadak
Ilustrasi busi milik Byson

Yang pertama adalah busi yang sudah bekerja dengan tidak optimal. Busi untuk Honda Beat sendiri disarankan diganti setiap 8000 Km sekali. Meski busi sanggup tahan hingga 10.000 Km, namun tidak ada salahnya mengganti busi di bawah 10.000 Km (namun tetap mendekatai usia pakai 10.000).

 

Baca Juga: Kumpulan Tipe Busi Motor Honda

 

Saat busi sudah menempuh jarak di atas 8.000 Km, maka kutub busi akan mulai dikelilingi oleh kerak serta jarak renggang busi pun akan semakin melebar. Jarak renggang busi untuk Honda Beat sendiri adalah sekitar 0.8 mm hingga 0.9 mm.

 

2.  Ruang Bakar Yang Kotor Oleh Kerak

6 Penyebab Kenapa Honda Beat Sering Mati Mendadak
Sumber: motogokil.com

Yang kedua adalah ruang bakar yang kotor. Penyabab Beat mati mendadak yang satu ini biasanya ditandai dengan mati mendadak saat tengah digunakan lalu beberapa saat kemudian dapat menyala kembali.

 

Ruang bakar sendiri dapat dibersihkan dengan cairan khusus yang disemprotkan melalui jalur saringan udara (untuk kotoran kerak yang masih kecil, jika sudah parah makan harus turun mesin untuk dibersihkan).

 

Nah jika kalian kurang paham dengan cara ini, maka rutinlah melakukan service secara berkala untuk Honda Beat di bengkel yang terpercaya.

 

3. Filter Udara Yang Kotor

6 Penyebab Kenapa Honda Beat Sering Mati Mendadak
Ilsutrasi filter udara milik Byson

Selanjutnya adalah filter udara yang kotor. Filter udara ini fungsinya adalah untuk menyaring udara yang nantinya akan dicampurkan oleh injektor dengan bensin. Jika filter udara kotor apalagi tidak dipasangkan, maka berpotensi membuat kotoran masuk ke injektor hingga ke ruang bakar.

 

Imbasnya adalah kotoran dapat menyumbat beberapa lubang penting dalam injektor atau menggores dinding ruang bakar. Apakah dengan demikian Honda Beat akan mati? Iya! So, rajin-rajinlah membersihkan filter udara dan dalam periode tertentu ganti filter udara dengan filter udara yang baru.

 

4. Penggunaan Bensin Yang Kurang Berkualitas

6 Penyebab Kenapa Honda Beat Sering Mati Mendadak
Sumber: liputan6.com

Maksud dari bensin yang kurang berkualitas di sini adalah bensin yang tercampur dengan debu/ pasir hingga bensin yang tercampur dengan air.

 

Mohon maaf sebelumnya tanpa bermaksud menjatuhkan penjual bensin enceran secara holistik, tapi ada beberapa oknum penjual bensin eceran yang kurang peduli dengan kualitas bensin yang ia jual.

 

Sehingga tidak heran jika ada bensin yang tercampur oleh lembabnya air, hingga bensin yang tercampur debu (pasir). Tentu ini tidaklah baik untuk mesin Honda Beat kita, oleh sebab itu selalu pastikan membeli bensin di tempat yang terpercaya.

 

5. Mesin Motor Terlalu Panas

6 Penyebab Kenapa Honda Beat Sering Mati Mendadak

Ini bisa terjadi jika motor kita sudah mulai tua. Beat sendiri harus menggunakan oli yang sesuai dan takarannya tepat. Sebagai saran oli, kami rekomendasikan oli dari pabrikan Honda yakni SPX 2 dan MPX 2 untuk Honda Beat kalian.

 

Baca Juga: Perbedaan Oli MPX dan SPX dari AHM !!! Wah Lumayan Banyak Bedanya


Bukan bermaksud jualan, tapi ya ambil aman dulu saja hehe.

 

6. Lubang Ventilator/ Pernapasan Pada Tutup Tangki Mampet

6 Penyebab Kenapa Honda Beat Sering Mati Mendadak
Sumber: sains.kompas.com

Selanjutnya adalah karena lubang hawa atau lubang udara di tutup tangki mampet sehingga menyebabkan bensin tidak dapat mengalir.

 

Perlu diingat bahwa yang menyebabkan motor bisa bekerja dengan normal adalah karena adanya bahan bakar (bensin dan udara) serta percikan api atau pengapian.

 

Oleh sebab itu jika Honda Beat kita mati mendadak, maka hal pertama yang harus dicek adalah apakah ada bahan bakar danapakah  udaranya tidak terhalang (cek tangki bahan bakar hingga cek saringan udara)? Serta apakah ada percikan api yang dihasilkan oleh busi (cek juga kabel busi, coil, hingga ECU)?.

 

Nah sebenarnya ada banyak hal yang menyebabkan motor termasuk Honda Beat mati mendadak. Namun pada artikel ini, kami hanya paparkan seperti apa yang baru saja kami tulis di atas.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

bola-bola susu murah

 


Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript