Ukuran Roller Vario 150 Biar Kenceng

Daftar Isi [Tampil]

 
Ukuran Roller Vario 150 Biar Kenceng
Sumber: astra-honda.com

Satupiston.com  - Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran roller Vario 150 biar kenceng.


Vario 150 merupakan produk varian skuter metik dari Astra Honda Motor (AHM). Vario 150 jadi motor dengan kelas tertinggi di varian Vario.

Vario dari Astra Honda Motor (AHM) sendiri memiliki dua varian yakni Vario 150 dan Vario 125 (dulu sempat ada Vario 110 namun untuk sekarang sudah tidak diproduksi lagi).

Vario 150 dari Honda ini menggunakan CVT sebagai media penyalur putaran dari mesin ke roda belakang.

Dalam CVT sendiri terdapat komponen yang bernama vbelt dan roller. Terkhusus untuk roller, biasanya roller ini disebutkan ukurannya dengan satuan berat yakni gram (pada beberapa motor metik akan berbeda-beda ukuran rollernya, walaupun ada juga yang ukuran rollernya sama).

Nah ukuran roller standar dari Honda Vario 150 adalah seberat 15,5 gram. Mungkin jika dibulatkan maka akan disebutkan bahwa Vario 150 memiliki ukuran roller seberat 16 gram atau 15 gram.

Perlu diingat untuk melakukan modifikasi pada berat roller, maka gunakan acuan sebagai berikut:

Ganti roller dengan ukuran yang lebih ringan untuk mencari akselerasi (untuk keperluan tanjakan) dan ganti roller ke ukuran yang lebih berat untuk keperluan top speed (biar kenceng).

Jadi ukuran roller Honda Vario 150 biar kenceng adalah dengan menggunakan roller berukuran di atas 15.5 gram (misalnya menggunakan roller berukuran 18 gram).

Lakukan perubahan secara menyeluruh dan jangan disilang untuk mengindari terjadinya keausan yang signifikan pada area CVT motor.

Dan sebagai informasi tambahan, roller sendiri bisa dipakai sampai 25.000 Km, namun pada tiap 10.000 Km sekali harus dilakukan pengencekan.

Perlu diingat jika kita ingin membuat Vario 150 menjadi lebih kenceng dengan mengganti ukurna roller, maka ada yang akan dikorbankan. Yang akan dikorbankan tersebut adalah akselerasi dari Honda Vario 150 itu sendiri (jadi loyo pas di tanjakan).

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2


 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Bawah Artikel

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)